Aminullah, M. (2015). Karakteristik Penafsiran Ayat-Ayat Hukum dalam Tafsir Ahkam Al-Qur’an Karya al-Jashash. Al-Ittihad: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 6(2), 64–84. Retrieved from http://e-journal.stisbima.ac.id/index.php/ittihad/article/view/11
Analiansyah. (2020). Peran Akal Dan Kebebasan Bertindak Dalam Filsafat Ketuhanan Mu’Tazilah. Jurnal Substantia, 15(1), 94–103. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/substantia/article/view/4886/0
Anwar, E. S., & Wurnayati. (2019). TAFSIR DALAM PERSFEKTIF TEOLOGI RASIONAL: Studi Pemikiran Mu’tazilah pada Tafsir al-Kasysyaf Karya Zamakhsyari Endang. Al-Fath, 13(1), 88–117. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alfath/article/view/2894
Desi Lestari, Abu Anwar, & Zainur. (2022). Bentuk Tafsir Dalam Kajian Alquran. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.58518/alfurqon.v5i1.979
Dikla, F., & Syauqani, S. (2024). Tafsir Al-Kasysyaf , Defense of Al-Zamakhshari Against the Mu ’ tazilites. 8(1), 994–1011.
Endang, Anwar, S., Dosen, W., Ushuluddin, F., Iain, A., Hasil, B. A., … Swt, N. A. (2013). Tafsir Dalam Persfektif Teologi Rasional. Al-Fath, 07(2), 273–310.
Febriani, F. (2023). Resepsi Mu’tazilah pada Dinasti Abbasiyah. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 18(2), 166–172. https://doi.org/10.19109/medinate.v18i2.17009
Firman, M. Y. (2022). Perbandingan aliran muktazilah, murjiah dan asy’ariyah tentang posisi akal dan wahyu. 1(1).
Hafizi, H. (2020). Asbab An-Nuzul Dalam Penafsiran Al-Qur’an (Aspek Sejarah dan Kontekstual Penafsiran). Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits, 14(1), 43–62. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v14i1.6047
Hafsah, U. (2023). Kritik Terhadap Mu ’ tazilah dalam Kitab Tarjamah Sabil al Abid al Jauharh al Tauhid Karya Kiai Sholeh Darat. 11, 15–40. https://doi.org/10.21043/fikrah.v8i1.
HK, M. R. (2021). Kebebasan Kehendak Dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Mu’Tazilah. El-’Umdah, 3(2), 189–200. https://doi.org/10.20414/el-umdah.v3i2.2371
Jamal, : Khairunnas. (2020). PERANMU’TAZILAH DALAM MENAFSIRKAN AL QUR’AN. Analisi Tecnologi Acceptance Model )TAM) Terhadap Tingkat Penerimaan e -Learning Pada Kalangan Mahasiswa, 3(2), 54–67. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Lestari, I. (2021). WAHYU DAN ILMU PENGETAHUAN (Fungsi, Esensi dan Perbedaannya). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 64–74.
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Mighfaza, M. H., & Muhlas, M. (2021). Al-Ushul Al-Khamsah Mutazilah dalam Pandangan Kh. Mustain Syafiie (Studi Analisis di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(3), 224–239. https://doi.org/10.15575/jpiu.11742
Nujaima, I., Masri, D., & Alfiansyah, M. (2023). Memahami Perbedaan Antara Wahyu Dan Ilham : Implikasi Untuk Pendidikan Islam. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(3), 76–89. Retrieved from https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i3.151
Pakatuwo, L. M., & Mawaddah. (2020). Al Jabariyah dan Al-Qadariyah; Pengertian, Latar Belakang Munculnya dan Pemikirannya. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.2
Qudsiyyah, F., & Maliki, A. (2023). Tradisi Islam Dalam Pemakaian Akal. Qalam: Jurnal Pendidikan Islam, 4(01). https://doi.org/10.57210/qlm.v4i01.239
Sabara. (2018). Polemik Akal dan Wahyu dalam Lanskap Pemikiran Islam (Antara Rasionalisme vis a vis Fideisme). Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 1(1), 99–117.
Sahara, E. (2017). Pemikiran Mu’Tazilah. Al-Hadi, 2(02), 25.
Shah, A., Khairani, D., Marpaung, W. R., & Lubis, Z. (2024). Sejarah perkembangan aliran muktazilah. 52–60.
Siregar, U. H. (2023). Konsep Iman dan Kufur Menurut Mu’tazilah Analisis Buku Teologi Islam Harun Nasution. Anwarul, 3(4), 918–934. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1725
Solahudin, M. (2016). METODOLOGI DAN KARAKTERISTIK PENAFSIRAN DALAM TAFSIR AL-KASHSHAF. Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 116–126.
Sugianto, M., & Hakim, L. (2022). Metode Tafsir Mu ’ tazilah Terhadap Ayat-Ayat Aqidah. 5(2), 187–204.
Sulaeman, M. (2020). Pemikiran Hermeneutika Al-Qur’an Hasan Hanafi dalam Studi Al-Qur’an di Indonesia. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1, 1–26.
Sulistio, D. (n.d.). Menerka keadilan tuhan: mu’tazilah dan ahlus sunnah dalam perseteruan ideologi. 2020, IV(1), 1–11.
Sunardi, D., Industri, J. T., Teknik, F., & Jakarta, U. M. (2001). Hermeneutika dalam Kajian Agama. Jurnal Kemuhammadiyahan Dan Integrasi Ilmu, 100–109.
Thalib, M. D. (2016). Akal Dan Wahyu Perbuatan Manusia. Istiqra’, 4(1), 93–99.
Tobing, L. I. M. (2022). Ciri Berpikir Ilmiah : Radikal, Sistematis, Rasional. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 1–14.
Ulwania, A. N. (2024). Kontribusi Rasionalis Islam dalam Khazanah Intelektual ( Studi Pemikiran Al-Jahiz ). 5(1), 147–153.
Wahda, N. A., & Santalia, I. (2024). Pengaruh Filsafat Yunani Terhadap Pemikiran Islam. 1(July), 306–312.
Zaeny, A. (2011). Idiologi dan Politik Kekuasaan Kaum Mu’Tazilah. Jurnal TAPIs, 7(13), 94–109. Retrieved from http://ejournal.iainradenintan.ac.id/index.php/TAPIs/article/view/98
Zainimal. (2021). Mu ’ Tazilah Dalam Lin Tasan Sejarah. Tarikhuna, 3(1), 101–102.
Zulkarnain, Z. (2021). Konsep Keadilan dalam Teologi Islam. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.51900/alhikmah.v3i1.9808