Pengaruh Strategi Promosi Digital terhadap Peningkatan Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru di Universitas Nurul Jadid

M . Syafiih, Moh Rafi'i Ufron, Muizzuddin Muizzuddin
DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v6i1.11789



Abstract

Di era digital, pola komunikasi dan perilaku calon mahasiswa mengalami pergeseran signifikan, namun promosi konvensional yang dilakukan oleh Universitas Nurul Jadid masih belum mampu menjangkau segmen tersebut secara optimal. Permasalahan utama terletak pada rendahnya efektivitas promosi dalam menyampaikan informasi secara cepat, menarik, dan sesuai dengan platform yang digunakan oleh generasi muda, sehingga berdampak pada stagnasi jumlah pendaftar mahasiswa baru. Sebagai solusi, universitas menerapkan strategi promosi digital melalui tiga media utama: video profil kampus untuk menampilkan citra dan fasilitas institusi secara visual; Instagram untuk menyajikan konten informatif dan interaktif secara berkala; serta TikTok untuk menjangkau target audiens dengan pendekatan kreatif dan kekinian. Strategi ini dirancang dengan metode AGILE, memungkinkan proses pengembangan konten dilakukan secara iteratif, adaptif, dan responsif terhadap umpan balik dari audiens sasaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi promosi digital secara sistematis memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan jumlah pendaftar mahasiswa baru. Terjadi peningkatan minat dan partisipasi calon mahasiswa setelah konten promosi digital diluncurkan, ditandai dengan meningkatnya grafik kunjungan ke laman pendaftaran, pertanyaan langsung melalui media sosial, serta pertumbuhan persentase pendaftar secara nyata. Hasil ini membuktikan bahwa pendekatan digital yang agile, berbasis media sosial dan konten visual, merupakan strategi efektif dalam mendukung capaian target penerimaan mahasiswa baru di era transformasi digital pendidikan tinggi.


Keywords

Promosi Digital;Mahasiswa Baru;Media Sosial;AGILE

Full Text:

References

I. A. Hidayah, R. Kusumawati, Z. Abidin, and M. Imamuddin, “Analysis of Public Sentiment Towards The Tiktok Application Using The Naive Bayes Algorithm and Support Vector Machine,” Archit. High Perform. Comput., vol. 6, no. 2, pp. 881–891, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.47709/cnahpc.v6i2.3990

S. A. Wibowo and N. Rachmat, “Journal of Computer Networks , Architecture and High Performance Computing Implementing Histogram of Oriented Gradients to Recognize Crypto Price Graphic Patterns with Artificial Neural Network Journal of Computer Networks , Architecture and High Performa,” vol. 6, no. 2, pp. 892–902, 2024.

A. Siregar, “Efektivitas penggunaan media sosial sebagai media pendidikan,” EDU-RILIGIA J. Ilmu Pendidik. Islam dan Keagamaan, vol. 5, no. 4, 2022.

F. F. Noorikhsan, H. Ramdhani, B. C. Sirait, and N. Khoerunisa, “Dinamika Internet, Media Sosial, dan Politik di Era Kontemporer: Tinjauan Relasi Negara-Masyarakat,” J. Polit. Issues, vol. 5, no. 1, pp. 95–109, 2023.

M. Syafiih, “Digitizing Arudh and Qowafi Classics as Android-Based Student Learning Media Using Flutter,” Int. J. Eng. Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 129–135, 2022, doi: 10.52088/ijesty.v2i2.292.

M. Syafiih, “Klasifikasi Kategori Berdasarkan Tingkat Ketergantungan Siswa Terhadap Penggunaan Smartphone Di SMK Negeri 1 Suboh Situbondi,” JEECOM J. Electr. Eng. Comput., vol. 5, no. 2, pp. 329–338, 2023, doi: 10.33650/jeecom.v5i2.6833.

M. S. Alim and R. Ibrahim, “Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Di Era Digital Desa Moluo Kab. Gorontalo Utara,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 2, pp. 3793–3802, 2024.

C. L. Saragih and A. Andriyansah, “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Platform Tiktok,” Kolegial, vol. 11, no. 2, pp. 151–160, 2023.

D. Suryadi and J. Jupriani, “Analisis Konten Visual Pada Akun Instagram New Normal Burger Bar Ditinjau Dari Teori Retorika,” J. Ris. Rumpun Seni, Desain dan Media, vol. 2, no. 2, pp. 155–166, 2023.

B. Setiawan and A. Fadillah, “Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 29–36, 2020.

R. K. Singh, B. P. Kushwaha, T. Chadha, and V. A. Singh, “Influence of digital media marketing and celebrity endorsement on consumer purchase intention,” J. Content, Community Commun., vol. 14, no. 7, pp. 145–158, 2021.

A. WULAN, “Pengaruh Konten Instagram@ univmercubuana Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Mercu Buana Tahun Ajaran 2022/2023.” Universitas Mercu Buana Jakarta, 2024.

B. P. Kushwaha, R. K. Singh, N. Varghese, and V. N. Singh, “Integrating social media and digital media as new elements of integrated marketing communication for creating brand equity,” J. Content, Community Commun., vol. 11, no. 6, pp. 52–64, 2020.

Z. Umami and G. S. Darma, “Digital marketing: Engaging consumers with smart digital marketing content,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 23, no. 2, pp. 94–103, 2021.

C. Troise and M. A. Camilleri, “The use of digital media for marketing, CSR communication and stakeholder engagement,” in Strategic corporate communication in the digital age, Emerald Publishing Limited, 2021, pp. 161–174.

W. Krings, R. Palmer, and A. Inversini, “Industrial marketing management digital media optimization for B2B marketing,” Ind. Mark. Manag., vol. 93, pp. 174–186, 2021.

P. Wati, Z. Aditiaga, and L. Yuliana, “Implementation of social media marketing in the florist business,” J. Ekon., vol. 13, no. 01, pp. 1915–1924, 2024.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v6i1.11789


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 M . Syafiih, Moh Rafi'i Ufron, Muizzuddin Muizzuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.