DOMPET SANTRI DI PONDOK PESANTREN RIYADLUS SHOLIHIN BERBASIS MOBILE



Authors (s)


(1) * Wali Ja'far Shudiq   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Fuadz Hasyim   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Moh Faiz Najiburrahman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren Riyadlus Sholihin adalah institusi pendidikan agama berbasiskan pondok maupun non-pondok yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan keagamaan dan keuangan santri. Pada saat ini proses penyimpanan data keuangan santri masih berupa lembaran kertas sehingga pada saat pencarian data santri atau berkas-berkas masih membutuhkan waktu yang lama, karena masih harus membuka dan mencari satu persatu domumen atau data-data yang ada juga seringnya terjadi kehilangan atau kesalahan penghitungan dari petugas.. Pada saat ini orang tua juga tidak bisa mengontrol rekapitulasi keuangan putranya sehingga masih harus bertanya kepada petugas setiap kali menyetor uangnya ke pondok juga terdapat masalah ketika uang putranya habis terkadang orang tua lupa untuk mengirim putranya. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall atau metode yang dalam pengerjaannya berurutan atau prosedural. Adapun sumber data yang digunakan adalah data – data wawancara dan observasi.Berdasarkan analisa data yang dilakukan, bahwa telah dihasilkannya aplikasi dompet santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin berbasis mobile, sehingga proses sehingga proses pencatatan dan pelaporan keuangan kepada wali santri bisa terwujud. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  aplikasi dompet santri yang dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Android pada software Android Studio ini dapat memberikan informasi kepada wali santri mengenai keuangan putranya. Berdasarkan hasil pengujian dan perhitungan  disimpulkan bahwa persentase yang diperoleh berjumlah 80,62% yaitu adalah sangat baik.



Keywords

Tabungan, Pondok Pesantren, santri, Android.



Full Text: PDF



References


Rizki Wahyudi , Krisna Rhinaldi. 2018: Aplikasi

pembayaran administrasi santri terintegrasi SMS gateway.

Hapsari Mega Ningrum. 2016 : aplikasi pengolahan data pembayaran infaq pendidikan santriberbasis web (studi kasus: pesantren imam bukhori,jatinangor).

Hapsari Mega Ningrum. 2016 : aplikasi pengolahan data pembayaran infaq pendidikan santriberbasis web (studi kasus: pesantren imam bukhori,jatinangor).

Zarkasy. 1998 : 105-106. Teori: Pengertian Pondok Pesantren.

Muliarman. 2019: kamus besar bahasa Indonesia. Permata Press. Yogyakarta

Adnan Habibulil Amri, Ratna Widayati. 2019 : upaya meningkatkan nasabah tabungan melalui tabungan bajapuik pada PT. Bank Perkereditan Rakyat (BPR) Jorong Kampung Tangah (JKT) Pariaman

Safaat, N. (2011). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Bersasis ANDROID, INFORMATIKA,. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android .

Riyanto. 2014. Validasi dan Verifikasi. Deepublish: Yogyakarta.

Budi Raharjo, 2011, Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL, Informatika: Bandung.

Andi Supriyanto. 2018. Rancang bangun aplikasi pendaftaran pasien online dan pemeriksaan dokter di klinik kesehatan berbasis web.

Pratama, B. I. (2016). Pengembangan Backend Pada Perangkat Lunak Solidare . Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung: Informatika Bandung.


Article View

Abstract views : 28 times | PDF files viewed : 18 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wali Ja'far Shudiq, Fuadz Hasyim, Moh Faiz Najiburrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.