Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Materi Sistem Gerak Manusia pada Mata Pelajaran IPA Berbasis Android

DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v2i1.2523

Authors (s)


(1) * Andi Wijaya   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Waqi’ Rahman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Syaiful Bahri   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan tingkat SLTP terdapat mata pelajaran IPA yang membahas tentang materi sistemgerak manusia. Dalamberlangsungnya pembelajaran dibutuhkan media pendukung proses pembelajaran, Dalam upaya meningkatkan mutu proses pendidikan, teknologi digunakan sebagai media pembelajaran didalam maupun di luarsekolah. Pengguanaan teknologi yang dimaksud adalah Augmented Reality (AR). Salah satu sekolah yangmenggunakan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran adalah SMPN 1Tamanan Bondowoso.Pada aplikasi tersebut hanya terbatas pada penyampaian materi kerangka dan pergerakan pada sendi-sendi.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan adanya pengembangan dari aplikasi augmentedreality tersebut. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Konsep (concept), Perancangan (Design), Pengumpulan bahan (MaterialCollecting), Pembuatan (Assembly), Uji Coba (Testing). Hasil dari penelitian in i adalah sebuahPengembangan Aplikasi Augmented Reality Materi Sistem Gerak Manusia Pada Mata Pelajaran IPABerbasis Android yang dapat di gunakan pada smartphone android dilengkapi dengan unsur teks, gambar,animasi, dan audio. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan kepada 30 siswa sebagai pengguna88% menyatakan bahwa mampu membantu serta mempermudah proses pembelajaran materi sistem gerakmanusia pada mata pelajaran IPA.

Pendidikan tingkat SLTP terdapat mata pelajaran IPA yang membahas tentang materi sistemgerak manusia. Dalamberlangsungnya pembelajaran dibutuhkan media pendukung proses pembelajaran, Dalam upaya meningkatkan mutu proses pendidikan, teknologi digunakan sebagai media pembelajaran didalam maupun di luarsekolah. Pengguanaan teknologi yang dimaksud adalah Augmented Reality (AR). Salah satu sekolah yangmenggunakan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran adalah SMPN 1Tamanan Bondowoso.Pada aplikasi tersebut hanya terbatas pada penyampaian materi kerangka dan pergerakan pada sendi-sendi.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan adanya pengembangan dari aplikasi augmentedreality tersebut. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Konsep (concept), Perancangan (Design), Pengumpulan bahan (MaterialCollecting), Pembuatan (Assembly), Uji Coba (Testing). Hasil dari penelitian in i adalah sebuahPengembangan Aplikasi Augmented Reality Materi Sistem Gerak Manusia Pada Mata Pelajaran IPABerbasis Android yang dapat di gunakan pada smartphone android dilengkapi dengan unsur teks, gambar,animasi, dan audio. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan kepada 30 siswa sebagai pengguna88% menyatakan bahwa mampu membantu serta mempermudah proses pembelajaran materi sistem gerakmanusia pada mata pelajaran IPA.

 



Keywords

Media Pembelajaran, Sistem Gerak Manusia, Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)



Full Text: Download PDF



Article View

Abstract views : 762 times | Download PDF files viewed : 682 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v2i1.2523


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Wijaya, Waqi’ Rahman, Syaiful Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.