Pengembangan Pembelajaran Game Edukasi Aritmatika Dasar untuk Anak Madrasah Ibtida’iah Nurul Mun’im PP. Nurul Jadid



Authors (s)


(1)  Wali Ja'far Shudiq   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2) * Nining Fila   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Putri Dwi Chusnul Khotimah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan game saat ini kebanyakan hanya digunakan untuk kesenangan dan hiburan semata, kurang menekankan pada sisi edukasi. Pendidikan berhitung pada kalangan anak-anak sekolah dasar dirasa masih sangat kurang, apalagi game yang ada saat ini hanya merujuk kepada kekerasan inilah yang menyebabkan anak-anak mejadi kecanduan dalam bermain game dan akhirnya berujung menjadi malas dalam belajar. Aplikasi Game Edukasi Matematika Dengan Konsep Aritmatika Anak Berbasis Android ini bertujuan untuk Menghasilkan sebuah aplikasi game yang dapat melatih anak ataupun siswa untuk belajar berhitung dengan mudah dan menyenangkan sehingga anak tidak bosan dengan metode pembelajaran yang monoton. Diciptakannya dalam bentuk mobile bertujuan supaya mudah untuk dibawa kemana saja. Dengan diciptakannya game ini memungkinkan pengguna untuk belajar berhitung atau aritmatika lebih menyenangkan karena didukung dengan desain yang menarik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa  game  edukasi android dapat digunakan sebagai fasilitas media pembelajaran pengenalan bilangan untuk siswa SD/MI




Full Text: Download PDF



References


Survey tentang Smartphone dan Tablet. 2017. (https://id.theasianparent.com/hasil-survey-smartphone-yang-mengejutkan/1/, Diakses: 24 Februari 2018)

Rizal, F.A., Budi Suyanto dan Tri Raharjo Y. 2016. “Aplikasi Game Edukasi Matematika Dengan Konsep Aritmatika Anak Berbasis Android”. Semarang: Jurnal JTET. Vol. 5,No .1.

Rifai, Wafda Adita. 2016. Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasan, Sasmito, Ginanjar Wiro. 2017. “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal”. Tegal: Jurnal Pengembangan IT. Vol. 2,No. 1.

Putra, Rizki Catur. 2016. Pembuatan Game Edukasi Pintar Memilih Sampah Berbasis Android. Skripsi. Surakarta: Fakultas Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Vitianingsih, Anik V. 2016. “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini”. Surabaya: Fakultas Teknik Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Vol. 1,No. 1.

Putra, Dian W., A. Prasita Nugroho, dan Erri Wahyu P. 2016. “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini”. Pasuruan: Fakultas Teknologi Informasi Universitar Merdeka Pasuruan. Vol. 1,No. 1.

Kevin, Amelia Dian. 2017. “Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Menggunakan Metode Waterfall”. Kediri: Universitas PGRI Nusantara. Vol. 1,No. 7.

Romansya, M. A. 2015. Aplikasi Sistem Pelacakan Kinerja Pengiriman Pada Truk Pengangkut Barang Berbasis Android. Skripsi. Surakarta: Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ansor, Y. Z.. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Bergenre Role Playing Game Pada Instalasi Perangkat Jaringan Lan Di Smk. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Article View

Abstract views : 255 times | Download PDF files viewed : 171 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nining Fila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.