Bot Whatsapp Untuk Pelaporan Pelanggaran Siswa SMP Nurul Jadid

DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v2i1.2787

Authors (s)


(1) * Maulidiansyah Maulidiansyah   (Universitas Nurul Jadid)
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Jadid Paiton merupakan lembaga dibidang pendidikan sekolah menengah pertama yang diperuntukkan untuk masyarakat umum khususnya di Kecamatan Paiton. SMP Nurul Jadid Paiton belum mempunyai aplikasi khusus yang mengelola dan memonitoring pengolahan data mengenai pelanggaran siswa di Sekolah. Tujuan penelitian ini untuk merancang dan membuat sistem informasi pelanggaran siswa SMP Nurul Jadid Paiton berbasis Whatsapp Bot. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah SMP Nurul Jadid dan bagian tata usaha pada sekolah tersebut. Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi Whatsapp Bot yang dapat mempermudah dalam mengelola data pelanggaran siswa yang dilakukan di sekolah serta mempermudah admin dalam mengelola data berupa data pelajaran, kelas, guru, siswa serta pelanggaran siswa. dan menginput data pelanggaran siswa sehingga orang tua siswa dapat melihat pelanggaran siswa secara online.


Keywords

bot; whatsapp; pelanggaran siswa



Full Text: Download PDF



References


E. Cahyaningrum, ―‗Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Pelanggaran Siswa Di Smk Muhammadiyah 1 Sragen,‘‖ Proceedings, vol. 01, no. 01, p. 14, 2016.

R. Wahyudi and A. D. Aristantia, ―Aplikasi Pengolahan Data Pelanggaran Siswa Pada SMK Yayasan Pendidikan Teknologi 1 Purbalingga Terintegrasi Dengan Sms Gateway,‖ Telematika, vol. 10, no. 2, pp. 62–75, 2017.

N. Nurdiana, ―Sistem Monitoring Pelanggaran Siswa Berbasis Web ( Studi Kasus : Sma Islamic Centre Tangerang ),‖ pp. 1–18, 2016.

D. Kusmana and H. Kuswara, ―Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan SMS Gateway Pada Sekolah Mnengah Kejuruan Al - Munir Bekasi,‖ Indones. J. Netw. Secur., 2017.

M. A. Rinaldy and L. Fajarita, ―Rancang bangun sistem informasi poin pelanggaran dan bimbingan konseling pada sma az zamir,‖ pp. 44–49, 2018.


Article View

Abstract views : 649 times | Download PDF files viewed : 339 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v2i1.2787


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maulidiansyah Maulidiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.