Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Cabe Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web (Studi Kasus BPP Mlandingan)



Authors (s)


(1) * Andi Wijaya   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Wali Ja'far Shudiq   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Eko Purnomo   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tanaman cabe (Capsicum annuum L) merupakan tanaman sayuran yang tergolong tanaman tahunan berbentuk perdu. Penyakit tanaman adalah gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh mikro  organisme (virus, bakteri, protozoa, jamur, cacing nematoda). Permasalahan pada penelitian ini adalah minimnya pengetahuan petani dalam mendiagnosa penyakit yang sedang dialami pada tanaman cabe. Metode yang di gunakan adalah metode Forward Chaining. Metode ini digunakan sebagai sebagai salah satu teknik inferensi dalam sistem pakar ini, dikarenakan data dan fakta dalam melakukan proses penelitian telah didapatkan dan dari data atau fakta tersebut dapat dibuat sebuah sistem yang akan memberikan sebuah konklusi atau solusi berdasarkan atas sekumpulan data dan fakta tersebut. Dengan menggunakan teknik inferensi ini pula peluang dalam mendapatkan suatu konklusi yang lebih spesifik dapat dengan mudah didapatkan.tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem pakar diagnosa penyakit tanaman cabe menggunakan metode Forward Chaining berbasis web sehingga dapat membantu petani dalam mendiagnosa penyakit tanaman cabe. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model waterfal, model waterfall (air terjun) artinya menyediakan pendekatan alur perangkat lunak yang terurut dimulai dari analisis, desain, pengkodean, uji sistem dan perawatan. Hasil pengujian terhadap user, dapat di simpulkan bahwa aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit tanaman cabe menggunakan metode Forward Chaining berbasis web telah 68% baik untuk digunakan.




Full Text: DOWNLOAD PDF



References


D. O. Nusantara, S. W. Pamungkas, N. R. Syaifudin, L. W. Kusuma, and J. Fikri, “Sistem Pakar Analisa Penyakit Pada Tanaman Cabai Merah Menggunakan Metode Backward Chaining,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2017.

T. Winanto, Y. R. W. Utami, and S. H. Fitriasih, “Sistem Pakar Diagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Cabai Besar Menggunakan Metode Certainty Factor,” Jurnal Ilmiah Sinus, vol. 15, no. 2, pp. 13–24, 2017.

A. S. Honggowibowo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web Dengan Forward dan Backword Chaining,” Telkomnika, vol. 7, no. 3, 2009.

M. Muafi, A. Wijaya, and V. A. Aziz, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata Pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining,” COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 43–49, 2020.

M. Irsan, V. N. Pratama, and M. Fakih, “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Padi Di Balai Penyuluhan Pertanian Sepatan Tangerang,” Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I), 2015.

A. Khairi and F. Rizal, “Aplikasi Monitoring Kehadiran Menggunakan Global Positioning System Berbasis Android Untuk Peningkatan Kinerja Karyawan di Universitas Nurul Jadid,” Explore IT: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Informatika, vol. 12, no. 2, pp. 75–80, 2020, doi: 10.35891/explorit.

A. Wijaya, F. Rizal, and S. Artikel, “Aplikasi Monitoring Jumlah Gizi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil Untuk Mengurangi Resiko Gangguan Fisik dan Mental Janin,” Explore IT: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Informatika, vol. 13, no. 1, pp. 1–5, 2021, doi: 10.35891/explorit.

F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Informatika Universitas Pamnulang, vol. 4, no. 4, pp. 125–130, 2019.


Article View

Abstract views : 487 times | DOWNLOAD PDF files viewed : 145 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.