Deteksi Jalan Berlubang Menggunakan Metode Grey Level Co-Occurrence Matrix dan Neural Network

Muhammad Mahrus Ali
DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v3i1.4088



Abstract

Faktor utama yang menjadi penentu kelayakan kondisi suatu jalan yaitu kerusakan pada aspal sehingga pemeliharaan jalan perlu dilakukan secara berkala. Pemeriksaan kondisi jalan dilakukan oleh petugas survey dengan melakukan pengamatan langsung pada jalan yang akan diberikan penilaian secara manual. Aktifitas pemeriksaan dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas pada jalan yang padat kendaraan terlebih lagi dapat membahayakan keselamatan petugas survey. Diperlukan alternative pemeriksaan jalan untuk menghindari ancaman yang tidak diinginkan dan dapat membiat biaya lebih efektif. Pada penelitian ini dikembangkan suatu system deteksi jalan berlubang menggunakan data video, dengan menerapkan metode Gray Level Co-occurrence Matrix (GLCM) dan klasifikasi menggunakan Neural Network. Deteksi terdiri atas 2 tahapan, dimulai dengan mengekstraksi ciri citra jalan kemudian ditraining dengan pemberian label manual. Kemudian dilakukan uji data citra berdasarkan nilai pada data training. Dari pengujian Confusion Matrix menunjukkan hasil Recall sebesar 0,80 hasil Precission sebesar 0,06 hasil Accuracy sebesar 0,79 dan hasil Error Rate sebesar 0,20.


Keywords

Lubang jalan; Deteksi citra; GLCM; NN;

Full Text:

References

Badan Pusat Statistik, “Badan Pusat Statistik,” Badan Pusat Statistik, 2021. https://www.bps.go.id (accessed Apr. 05, 2021).

F. H. Yoga Triardhana, Bandi Sasmito, “Identifikasi Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Deep Learning (Dl) Model Convolutional Neural Networks (Cnn),” J. Geod. Undip, no. Dl, pp. 1–8, 2020.

A. Irawan, A. Pratomo, M. Risa, and Heldiansyah, “Perancangan Sistem Deteksi Kerusakan Aspal Jalan Melalui Video Menggunakan Fatst Fourier Transform,” Prosiding SNRT (Seminar Nasional Riset Terapan), 2016. .

H. Maeda, Y. Sekimoto, T. Seto, T. Kashiyama, and H. Omata, “Road Damage Detection and Classification Using Deep Neural Networks with Smartphone Images,” Comput. Civ. Infrastruct. Eng., vol. 33, no. 12, pp. 1127–1141, 2018, doi: 10.1111/mice.12387.

Y. Sari, A. R. Baskara, P. B. Prakoso, and M. A. Rahman, “PENERAPAN ACTIVE CONTOUR MODEL PADA PENGOLAHAN CITRA UNTUK DETEKSI KERUSAKAN JALAN ( APPLICATION OF ACTIVE CONTOUR MODEL ON IMAGE PROCESSING FOR DETECTION OF ROAD DAMAGE ),” pp. 134–142, 2021.

M. R. K. Huda, “Identifikasi Penyakit Daun Kentang Berdasarkan Fitur Warna , Tekstur , dan Bentuk dengan SVM dan KNN Identification of Potato Leaf Disease Based on Color , Texture , and Shape Features with,” pp. 100–106, 2020.

V. S. Felix Enigo, T. M. Vinoth Kumar, S. Vijay, and K. G. Prabu, “Crowd Sourcing Based Online Petitioning System for Pothole Detection Using Android Platform,” Procedia Comput. Sci., vol. 87, no. 2014, pp. 316–321, 2016, doi: 10.1016/j.procs.2016.05.167.

J. N. Anita, “Pengukuran Dimensi Retakan Pada Citra Jalan Menggunakan Filter Gabor,” 2018.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v3i1.4088


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 muhammad Mahrus mahrus ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.