APLIKASI INVENTARIS SEKOLAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK DJANGO DI MTS. NURUL HIDAYAH SUMBERREJO PAITON



Authors (s)


(1) * Abu Tholib   ()
(2)  gustin fauziah   ()
(*) Corresponding Author

Abstract


Inventaris merupakan suatu kegiatan pencatatan, pelaporan serta pengolahan data-data barang yang tersedia di sekolah. Beberapa instansi pendidikan di Indonesia belum memiliki sistem yang menyediakan informasi inventaris sekolah. Padahal pengelolaan inventaris yang baik sangat penting bagi kelancaran sarana dan prasarana sekolah. Proses inventarisasi di MTs. Nurul Hidayah Sumberrejo Paiton masih dilakukan secara konvensional yaitu dengan mencatat ke buku inventaris kemudian data diinputkan ke dalam Microsoft Excel. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatan laporan inventaris serta mempersulit proses pencarian data barang tertentu. Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuat  sebuah aplikasi inventaris sekolah berbasis web menggunakan framework django dengan memanfaatkan teknologi QR Code dengan menggunakan bahasa pemrograman Python yang dapat memudahkan karyawan tata usaha dalam melakukan proses inventarisasi dan menyediakan informasi sesuai kebutuhan. Hasil penelitian adalah sebuah Aplikasi Inventaris Sekolah Berbasis Web Menggunakan Framework Django yang dapat digunakan untuk mempercepat proses inventarisasi serta membantu petugas dalam penyusunan laporan. Hasil pengujian aplikasi dengan responden sebagai user bahwa aplikasi inventaris sekolah berbasis web menunjukkan persentase pada pertanyaan 1 yaitu sebesar 70% (Setuju), pertanyaan 2 sebesar 75% (Sangat Setuju), pertanyaan 3 sebesar 75% (Sangat Setuju), pertanyaan 4 sebesar 70% (Setuju), pertanyaan 5 sebesar 70% (Setuju), dan pertanyaan 6 sebesar 75% (Sangat Setuju). Rata-rata hasil pengujian dengan responden sebesar 72,5% yang memiliki arti bahwa aplikasi ini sangat baik dan responden sangat setuju untuk menggunakan aplikasi.





Full Text: DOWNLOAD PDF



References


. Mulyanto, Y., & Ramdani, F. (2019). Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang di SMK Negeri 1 Plampang Berbasis Web. Jurnal JINTEKS, 133-142.

. Cahyono, H. (2019). Membangun Aplikasi Web Data Analysis dengan Framework Django: Mengenai berbagai macam pustaka di Python. Hary Cahyono.

. Khambali, A., & Siswanto, A. (2018). Sistem Informasi Inventaris Alat dan Barang Berbasis Web Pada SMA Kandangserang. Surya Informatika, 44-49.

. Wijaya, A., & Gunawan, A. (2016). Penggunaan QR Code Sarana Penyampaian Promosi Dan Informasi Kebun Binatang Berbasis Android. Jurnal Bianglala Informatika, 4(1), 16-21.

. Prathivi, R. (2018). Analisa Sistem QR Code Untuk Identifikasi Buku Perpustakaan. Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, 14(2), 37-40.

. Wardana. (2019). Belajar Pemrograman dan Hacking Menggunakan Python. Jakarta: Elex Media Komputindo.

. Saputra, D., & Aji, R. F. (2018). Analisis Perbandingan Performa Web Service Rest Menggunakan Framework Laravel, Django, dan Ruby on Rails Untuk Akses Data Dengan Aplikasi Mobile. Jurnal Bangkit Indonesia, 17-22.

. Saputra, R. (2015). Desain Sistem Informasi Order Photo Pada Creative Studio Photo Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic Net 2010. Jurnal Momentum, 17(2), 86-93.

. Hidayat, F. (2020). Konsep Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.

. Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.


Article View

Abstract views : 151 times | DOWNLOAD PDF files viewed : 45 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abu Tholib, gustin fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.