SISTEM INFORMASI MONITORING INVENTARIS SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JADID (MTSNJ) BERBASIS WEB

DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v3i1.4276

Authors (s)


(1)  Nadiyah AHZ   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2) * M . Syafiih   (Universita Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem informasi monitoring inventaris merupakan kebutuhan di MTs Nurul Jadid, sistem yang berjalan saat ini mempunyai kelemahan dalam pencarian data barang, karena harus mencari data barang satu persatu di Microsoft Excel, dan sering terjadi kesalahan saat menulis kode barang, yang menyulitkan sarana prasarana unuk mencari data produk. Pada saat pencatatan data tentang barang masuk dan keluar sering terjadi kesalahan yang mengakibatkan ketidaksesuaian antara data barang dengan jumlah barang yang sebenarnya. Hal ini mengakibatkan pencarian data barang,kode barang dan peminjaman barang kurang optimal, sehingga dibutuhkan sebuah media khusus berbentuk website untuk memberikan pelayanan dan informasi online yang mudah diakses. Dari permasalahan tersebut peneliti menawarkan sebuah solusi dengan merancang sebuah aplikasi sistem informasi monitoring inventaris sekolah berbasis web. Metode yang digunakan adalah metode waterfall yaitu suatu upaya untuk mengolah sistem informasi secara sistematis. Sistem informasi monitoring inventaris sekolah ini menggunakan codeigniter. Codeigniter disini merupakan suatu framework web untuk PHP dalam mengimplementasikan pola desain Model View Controller (MVC). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalisasikan pelayanan serta penyampaian informasi terkait realisasi program. Hasil dari pengujian ini adalah untuk memudahkan petugas saran prasara dalam mengontrol inventaris sekolah dan menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi monitoring inventaris sekolah berbasis web yang menunjukkan presentase 88,4% dengan kategori sangat setuju untuk digunakan


Keywords

Sistem Informasi; Monitoring; Inventaris sekolah; Waterfall; Codeigniter



Full Text: DOWNLOAD PDF



References


V. M. M. Siregar, "Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Sekolah SMA Negeri 4 Pematangsiantar," " IT Journal Research and development , vol. 3, no. 1, pp. 54-61., 2018.

A. M. S. a. A. I. Maulana, "Implementasi Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web Di Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi–BPPT," Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer , vol. 7, no. 1, pp. 182-196, 2017.

I. N. Rachmawati, ""Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara," Jurnal Keperawatan Indonesia , vol. 11, no. 1, pp. 35-40., 2017.

M. a. J. J. Ashari, "Sistem Informasi Pengolahan Data Inventaris Dan Pengdaan Barang Pada Kantor Desa Lenting Berbasis Web.," Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 49-54., 2018.

A. F. Y. B. U. D. A. K. ". Hakim, "Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Di Laboratorium Fakultas Teknik Uniska Kediri," Generation Journal , vol. 3, no. 1, pp. 45-53., 2019.

D. Ferdiansyah, "Penerapan Konsep Model View Controller Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Klinik Kesehatan Berbasis Web.," Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 18, no. 2, pp. 195-205., 2018.

M. Syafiih, "Perancangan Sistem Smart Program Lembaga Motivasi Nurul Jadid Berbasis Web.," INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi , vol. 1, no. 3, pp. 169-182., 2022.

N. M. S. Z. A. ". Nofiana, "Aplikasi Pemesanan Paket Prasmanan Cafe Beach Utama Raya Berbasis Web.," " CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), vol. 14, no. 1, pp. 13-24..

M. Syafiih, ""Web Rancang Bangun Web Portal Informasi Berbasis Framework dan Sistem UIKIT Independensi Responsive di Biro Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Jadid."," Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen (JATIM) , vol. 2, no. 1, pp. 14-22., 2021.

F. Jannah, "SISTEM INFORMASI AKADEMIK MADRASAH DINIYAH FATIMATUZZAHRO' PONDOK PESANTREN NURUL JADID," p. 1, september 2019.


Article View

Abstract views : 225 times | DOWNLOAD PDF files viewed : 228 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v3i1.4276


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M . Syafiih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.