Analisis Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran PAI SMPIT Insan Harapan Batam

Eni Miftahul Jannah
DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v3i2.4762



Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan google form sebagai media evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPIT Insan Harapan Batam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah studi pustaka, dengan meneliti dokumen dan melakukan observasi/pengamatan terhadap sasaran penelitian yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Sumber data yang ada dalam penelitian ini di ambil dari siswa kelas 8 A yang berjumlah 15 orang, selain itu penelitian ini menggunakan sumber data yang berasal dari jurnal, dan buku yang memiliki relevansi sesuai dengan judul atau topik yang dibahas. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan penggunaan google form sebagai media evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil yang diperoleh adalah diterapkan dengan baik dalam evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam, pemberian angket, soal ujian, dan ulangan memiliki banyak hasil yang sangat dibutuhkan dalam evaluasi, seluruh siswa mengisi google form yang dibagikan dengan lengkap.



Keywords

penggunaan google form sebagai media evaluasi pembelajaran, media evaluasi pembelajaran, google form.

Full Text:

References

. Abdul. (2020). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran PAI. Al-Bahtsu, 5(2), 37-48.

. Aryanti. (2021). Efektivitas Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(3), 329-342.

. Firmansyah, I. (2019). Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79-90.

. Gusvita, A. (2020). Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Anai. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 224-234. http://dz.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1

. Hakim's, L., & Safi`iI. (2021). Efektivitas Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Aplikasi Google Form. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(2), 151-156. https://doi.org/10.21009/bahtera.202.03

. Muryaningsih, S. (2022). Pemanfaatan Google Form Untuk Evaluasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Mim Kedungwuluh Lor. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1),1-8.

. Namira, D. (2021). Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis Android Menggunakan Google Formulir di Sekolah Dasar Plus Tahfidzul Quran (PTQ) Annida. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1),114-123. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8571

. Purwati. (2018). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 4(1), 1-10.

. Samsiadi. (2022). Efektivitas Google Form sebagai Media Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal od Education, 8(2),666-673. https://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13634

. Wandini. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 5(4), 185-197.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v3i2.4762


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eni Miftahul Jannah Eni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.