Penerapan Data Mining dengan Metode Association Rule Mining untuk Memprediksi Minat Belajar Bahasa Arab di Lembaga Awwaliyah Al-Hasyimiyah

Ratri Enggar Pawening
DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v3i2.4970



Abstract

Pendidikan Bahasa Arab saat ini sudah banyak dipelajari diberbagai tingkatan pendidikan, terutama di lingkungan pesantren yang sebagian besar mewajibkan santri untuk berbahasa arab setiap harinya. Di Wilayah Al-Hasyimiyah Nurul Jadid sendiri, ada beberapa lembaga yang mempelajari Bahasa Arab, salah satunya adalah Lembaga Awwaliyah yang berada dibawah naungan wilayah Al-Hasyimiyah. Selain melakukan kegiatan belajar dan penyetoran mufrodat, para santri juga akan melakukan ujian akhir untuk melihat sistem pembelajaran di lembaga, karena nilai santri menjadi salah satu tolak ukur penguasaan materi pelajaran oleh santri. Nilai santri juga menjadi acuan untuk pengambilan keputusan kelulusan. Dalam belajar Bahasa Arab pun dapat dilihat dan dibedakan santri yang mempunyai minat belajar dengan santri yang tidak memiliki minat belajar. Salah satu contoh santri yang memiliki minat belajar adalah mereka akan senang mempelajari dan menambah kosakata Bahasa Arab, aktif pada saat pembelajaran, dan medapatkan nilai ujian akhir yang baik, sedangkan mereka yang tidak mempunyai minat akan merasa malas dan bosan untuk belajar. Dengan memanfaatkan pengetahuan data mining, data-data santri dan kegiatan belajar yang sudah disimpan di lembaga dapat diolah lebih lanjut untuk membantu lembaga menemukan hal-hal yang bisa dimaksimalkan untuk pengingkatan kualitas pembelajaran. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Association Rule Mining (ARM) dengan algoritma apriori. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan data, pembersihan dan transformasi data, analisis aturan, dan interpretasi hasil. Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan adalah meskipun seluruh variabel yang mempengaruhi minat belajar ditentukan secara apriori, dapat ditunjukkan bahwa ada hubungan asosiatif antara variabel nilai mingguan dengan variabel nilai setoran, nilai akhir, dan rekap absen.


Keywords

association rule mining; apriori; minat belajar

Full Text:

References

Andri, & Marlindawati. (2015). Pengelompokan Minat Belajar Mahasiswa Menggunakan Teknik Data Mining Dengan Metode Clustering. Jurnal Ilmiah MATRIK, 17(1), 67–76. https://media.neliti.com/media/publications/224929-pengelompokan-minat-belajar-mahasiswa-me-c66149b1.pdf

Frank, Hall, & Witten. (2016). The WEKA Workbench. Online Appendix for “Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques” (4th Editio). Morgan Kaufmann, Burlington.

Hardianti, A., & Agushinta R, D. (2020). Universitas Darma Persada Menggunakan Metode Clustering K-Means Pattern Analysis of the Student Study Period in the Faculty of Engineering At Darma Persada University Using K-Means. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 861–868. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071001

M. Afdal, M. A., & Rosadi, M. (2019). Penerapan Association Rule Mining Untuk Analisis Penempatan Tata Letak Buku Di Perpustakaan Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 5(1), 99. https://doi.org/10.24014/rmsi.v5i1.7379

Marthasari, G. I. (2017). Implementasi Teknik Data Mining untuk Evaluasi Kinerja Mahasiswa Berdasarkan Data Akademik. Fountain of Informatics Journal, 2(2), 20. https://doi.org/10.21111/fij.v2i2.1216

Nola Ritha, Suswaini, E., & Pebriadi, W. (2021). Penerapan Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Poliklinik Penyakit Dalam (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Bintan). Jurnal Sains Dan Informatika, 7(2), 222–230. https://doi.org/10.34128/jsi.v7i2.329

Nurchalifatun, F. (2017). Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan. Data Mining.

Rerung, R. R. (2018). Penerapan Data Mining dengan Memanfaatkan Metode Association Rule untuk Promosi Produk. Jurnal Teknologi Rekayasa, 3(1), 89. https://doi.org/10.31544/jtera.v3.i1.2018.89-98

Syahra, Y., & Syahril, M. (2018). Implementasi Data Mining Dengan Menggunakan Algoritma Fuzzy Subtractive Clustering Dalam Pengelompokan Nilai Untuk Menentukan Minat Belajar Siswa Smp Primbana Medan. 17(1), 54–63.

Widodo, S. A. (2020). Pengembangan Dan Pemertahanan Bahasa Arab Melalui Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia Sembodo Ardi Widodo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Email : drsembodo.widodo@uin-suka.ac.id Dinamika perkembangan zaman mendorong munc. Al-Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 195–216. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062-03


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v3i2.4970


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ratri Enggar Pawening

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.