PEMANFAATAN SEARCH ENGGINE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM

DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v4i1.5131

Authors (s)


(1) * Harmansyah Ramadhan   (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)  
        Indonesia
(2)  Alvi Anaya   (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)  
        Indonesia
(3)  M Ilyasa Ramadhan   (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan search enggine sebagai sumber belajar dalam pendidikan Islam. Penelitian ini adalah studi pustaka yang merupakan jenis penelitian kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Hubermen, yakni mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan search enggine sebagai sumber belajar dalam pendidikan Islam sangat membantu dan menunjang proses pembelajaran. Namun, dalam pemanfaatannya juga ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti memilih dan memilah informasi yang didapat untuk tidak menerimanya begitu saja secara mentah-mentah. Perlu adanya bimbingan dan tuntunan dari guru agar peserta didik bisa mencari informasi dari sumber-sumber yang terpercaya dengan memanfaatkan website-website perpustakaan digital dan juga jurnal-jurnal ilmiah. Kelebihan pemanfaatan search enggine sebagai sumber belajar dalam pendidikan Islam yakni sebagai berikut: 1) Dalam mengakses informasi, prosesnya memiliki kemudahan dan kecepatan; 2) Informasi selalu terbaru (update); 3) Informasi dan ilmu pengetahuan yang diperoleh berasal dari seluruh dunia; 4) Dalam proses pembelajaran akan lebih mudah dan praktis; 5) Dapat diakses oleh berbagai kalangan usia. Sedangkan kekurangannya adalah: 1) Terkadang informasi dan ilmu pengetahuan yang diperoleh tidak relevan; 2) Banyaknya informasi yang tidak jelas sumbernya; 3) Search enggine hanya melakukan proses indexing.




Full Text: DOWNLOAD PDF



References


Idris, “Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” J. Kependidikan Islam, vol. 1, no. 2, pp. 175–190, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/1449/2420#.

S. Lestari, “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi,” EDURELIGIA J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–100, 2018, [Online]. Available: https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459.

A. Yumarni, “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Berbasis Teknologi Informasi,” JOEAI (Journal Educ. Instr., vol. 2, no. 2, pp. 112–126, 2019, [Online]. Available: https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/894/539.

Andik Prakasa Hadi and Faiz Abdul Rokhman, “Implementasi Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pondok Pesantren Putra-Putri Addainuriyah 2 Semarang,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 13, no. 1, pp. 39–49, 2020, doi: 10.51903/pixel.v13i1.190.

R. S. Sasmita, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” J. Pendidik. dan konseling, vol. 2, no. 1, pp. 99–103, 2020, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/603.

A. K. Syahputra and M. Kom, “Search Engine & Web Browser,” Internet dan Website. academia.edu, Kisaran, pp. 1–23, 2018, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/58585425/Chapter_2_-_Internet___Website_Search_Engine_dan_Web_Browser.pdf.

A. B. Silviana, F. Thalib, and J. M. R. No, “Pengembangan Situs Web sebagai Wadah Berbagi Jurnal Menggunakan Framework Codeigniter,” Skripsi, Teknik Informatika, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia. academia.edu, Depok, 2018, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/35398470/Pengembangan_Situs_Web_sebagai_Wadah_Berbagi_Jurnal.pdf.

Y. Utama, “Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya,” JSI J. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 359–370, 2011, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/738.

P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018, [Online]. Available: https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/306/0.

H. Husaini and H. Fitria, “Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam,” JMKSP (Jurnal Manaj. …, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/2474.

R. S. Naibaho, “Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan,” War. Dharmawangsa, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/253.

H. R. Setiawan and D. Abrianto, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi. Medan: UMSU Press, 2022.


Article View

Abstract views : 84 times | DOWNLOAD PDF files viewed : 137 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v4i1.5131


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Harmansyah Ramadhan, Alvi Anaya, M Ilyasa Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.