Pembuatan Website Pemerintah Desa Gebangan-Kecamatan Krejengan

DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v4i2.7414

Authors (s)


(1) * EKO PURNOMO   (Univesitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembuatan website pemerintah desa Gebangan adalah suatu upaya penting dalam menghadirkan pelayanan informasi yang transparan dan mudah diakses bagi warga desa serta pihak terkait. Tujuan pembuatan website ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan keterlibatan masyarakat dalam urusan pemerintahan desa gebangan, menyediakan akses cepat dan akurat terhadap informasi terkait pemerintahan desa. Penelitian ini melibatkan berbagai tahap, termasuk perencanaan, pengembangan, dan implementasi. Pada tahap perencanaan, identifikasi kebutuhan dan tujuan pembuatan website dilakukan. Ini melibatkan pemilihan platform, pemilihan domain, dan perancangan struktur informasi. Pengumpulan konten yang relevan dan pemahaman terhadap target pengguna juga dilakukan pada tahap ini. Pada tahap pengembangan, website dibangun menggunakan metode UCD. Pendekatan yang dilakukan berfokus pada kebutuhan, preferensi, dan pengalaman pengguna dalam seluruh siklus pengembangan. Tujuan utama dari UCD adalah menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan pengguna, mudah digunakan. Selanjutnya dikembangkan dengan menggunakan HTML, PHP, CSS, dan Javasript. Pada tahap implementasi, website diunggah dilakukan pengujian fungsionalitas website dengna menggunakan teknik pengujian blackbox untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Pada tahap terakhir diakukan pelatihan untuk memastikan bahwa staf desa mampu mengelola dan memperbarui website dengan efektif. Website pemerintah desa ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik antara pemerintah desa dan warga. Selain itu, ini juga mempermudah penyediaan layanan publik, menyediakan informasi terbaru


Keywords

Website; Desa; UCD;



Full Text: Download PDF



References


Medi Suhartanto. 2017. “Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan MySQL.” SPEED - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi 4, no. 1 (March). https://doi.org/10.55181/SPEED.V4I1.368.

Ardiansyah, Aldi, Iskandar Fitri, and Agus Iskandar. 2021. “Aplikasi Manajemen Perkantoran Dan Absensi Online Berbasis Android.” Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi) 5, no. 2: 126. https://doi.org/10.35870/jtik.v5i2.204.

Gunanto, Ari, and Endah Sudarmilah. 2020. “Pengembangan Website E-Arsip Di Kantor Kelurahan Pabelan.” Emitor: Jurnal Teknik Elektro 20, no. 2 (July): 90–96. https://doi.org/10.23917/EMITOR.V20I02.10976.

Pakaya, Lukman. 2023. “Pentingnya Web Desa Berbasis Kemitraan Desa Oluhuta Menuju Desa Mandiri.” SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 3, no. 3 (July): 167–71. https://doi.org/10.56910/SAFARI.V3I3.726.

WIDHIANTARA, Aditya Saktyawan. 2021. “Penerapan Metode User Centered Design (UCD) Pada Proses Development Pengembangan Sistem Administrasi Desa Terpadu Berbasis Website (Studi Kasus: Kelurahan Jagalan Kota Kediri),” July (July). https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107401.


Article View

Abstract views : 41 times | Download PDF files viewed : 18 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v4i2.7414


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 EKO PURNOMO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.