Perancangan Sistem E-Learning Adaptif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri I Dawuan

DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v4i2.7524

Authors (s)


(1) * Syaiful Syaiful   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem e-learning adaptif guna meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri I Dawuan  . Latar belakang penelitian ini mencakup permasalahan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah meliputi ; Motivasi siswa yang rendah kerena meteri yang disajikan terlalukaku, metode pengajaran yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa saat ini atau kurangnya variasi dalam pendekatan pembelajaran dapat menghambat pemahaman dan retensi materi, fasilitas dan sumber daya pembelajaran yang kurang memadai, baik di sekolah maupun di rumah, membatasi akses siswa terhadap materi pelajaran. Potensi teknologi e-learning adaptif sebagai solusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur untuk menganalisis teori-teori pendukung dan teknologi e-learning adaptif, observasi di SD Negeri I Dawuan  untuk memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi, serta analisis kebutuhan pengguna yang dilakukan melalui survei. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis, dilakukan perancangan sistem e-learning adaptif yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan kurikulum pendidikan yang berlaku. Rencana pembahasan mencakup tahapan implementasi sistem, pengujian, dan evaluasi untuk menilai kinerja dan efektivitas sistem e-learning adaptif yang telah dikembangkan. Kata kunci: e-learning adaptif, hasil belajar, SD Negeri I Dawuan.

Kata kunci: e-learning adaptif, hasil belajar, SD Negeri I Dawuan.


Keywords

e-learning adaptif; Hasil belajar; SD Negeri I Dawuan;



Full Text: Download PDF



References


Ismail, I. (2014). Analisis Arah Kebijakan Pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Yang Merata Dan Berkualitas Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 4(1), 97831.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahman, A. (2018). Desain model dan materi pembelajaran berbasis teknologi informasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128-143.

Pratiwi, P. (2017). Pengembangan E-Learning Menggunakan Moodle Pada Materi Hukum Gravitasi Newton Untuk Sma Kelas X (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Nur’aini, M. (2022). Pengembangan Hypermedia Berbasis Digital Note Taking Sebagai Media Pembelajaran E-Learning (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Martani, E. (2022). Implementasi Gelas Manis Digital Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Sinestesia, 12(2), 363-371.

Pardomuan, G. N. P. N. (2020). Sistem Personalisasi E-Learning Berorientasi Felder Silverman Learning Style Model Pada Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 167-177.

Indrawan, I. P. Y., & Nugraha, P. G. S. C. (2020). Rancangan dan implementasi sistem e-learning berbasis web. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 367-374.

Fatmawati, I. W., Siswanti, S., & Nugroho, D. (2015). Aplikasi E-Learning Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Untuk Menambah Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), 3(2).


Article View

Abstract views : 46 times | Download PDF files viewed : 31 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v4i2.7524


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syaiful Syaiful

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.