Strategi Peningkatan Daya Saing Wisata Tirta Agung Wonosari Bondowoso Melalui Transformasi Digital, Teknologi Augmented Reality, dan Sosial Media Marketing

M . Syafiih, Awang Risaf Rojabi, Moch. Rifqi Firdaus
DOI: https://doi.org/10.33650/coreai.v4i2.7600



Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menerapkan Model Prototype dengan integrasi teknologi Augmented Reality (AR) dan strategi Sosial Media Marketing (SMM) sebagai solusi untuk meningkatkan daya saing dan pengalaman pengunjung di Tirta Agung Wonosari Bondowoso. Melalui metodologi penelitian eksploratif dan implementatif, kami merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi model prototipe yang mencakup panduan wisata interaktif berbasis AR, integrasi SMM, dan elemen-elemen digital lainnya. Pada tahap desain konsep, kami mengidentifikasi tujuan utama yaitu meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan pengunjung serta memperluas visibilitas destinasi melalui media sosial. Proses pengembangan melibatkan pemilihan platform AR, implementasi teknologi AR pada titik-titik khusus di Tirta Agung, dan integrasi strategi SMM untuk meningkatkan eksposur melalui platform media sosial terkemuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AR berhasil meningkatkan keterlibatan pengunjung dengan memberikan pengalaman interaktif dan informatif. Strategi SMM juga terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas destinasi dan partisipasi aktif pengunjung dalam berbagi konten. Dalam tahap evaluasi, penelitian ini mengukur peningkatan jumlah kunjungan wisata, umpan balik positif pengunjung, dan dampak positif pada keberlanjutan destinasi. Temuan ini memberikan wawasan yang sangat berharga bagi pengelola destinasi wisata dalam mengadopsi teknologi digital dan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing dan daya tarik wisata. Kesimpulan penelitian menyoroti potensi besar penerapan Model Prototype dengan AR dan SMM sebagai solusi holistik untuk destinasi wisata. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut termasuk pengembangan konten AR yang lebih lanjut, penguatan strategi SMM, dan pelatihan bagi pihak terkait untuk memastikan pemanfaatan optimal teknologi digital. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam konteks pengembangan destinasi wisata berbasis teknologi di era digital. Dengan fokus pada pengalaman pengunjung dan pemanfaatan media sosial, penelitian ini membuka jalan bagi penelitian dan pengembangan lebih lanjut dalam rangka mendukung pertumbuhan berkelanjutan destinasi wisata Tirta Agung Wonosari Bondowoso


Keywords

Augmented Reality; Digital; Marketing; Sosial Media; Strategi; Transformasi;

Full Text:

References

A. Azizah, "Tourism development and strategy for increasing numbers of visitors in Kediri.," Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, vol. 5, no. 2, pp. 131-136., 2017.

B. Susanto, Y. K. Wardhani, M. A. Sutiarso, M. Muhartoyo and N. L. G. S. Sadjuni, "The role and use of social media as a medium for marketing tourist attractions and increasing tourist visits," Journal of Commerce, Management, and Tourism Studies, vol. 2, no. 1, pp. 48-55, 2023.

F. Kache and S. Seuring, "Challenges and opportunities of digital information at the intersection of Big Data Analytics and supply chain management.," International journal of operations & production management, vol. 3, no. 1, pp. 10-36, 2017.

H. Hermawan, "Pengembangan destinasi wisata pada tingkat tapak lahan dengan pendekatan analisis SWOT," Jurnal pariwisata, vol. 4, no. 2, pp. 64-74, 2017.

M. Hasan, A. Dzakiyyah, D. A. Kumalasari, N. Safira and S. N. Aini, "Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur.," Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, vol. 17, no. 2, pp. 135-150, 2021.

A. D. Putra, M. R. D. Susanto and Y. Fernando, "Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. CHAIN," Journal of Computer Technology, Computer Engineering, and Informatics, vol. 1, no. 2, pp. 32-34, 2023.

N. A. Jayasuriya, S. F. Azam, A. A. H. Khatibi and I. R. Dharmaratne, "The Role of Social Media Marketing on Brand Equity-A Literature Review," Global Journal of Management and Business Research,, vol. 18, no. 5, pp. 31-39., 2018.

F. Haris and O. D. Hendrati, "Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pengenalan Landmark Pariwisata Kota Surakarta," Jurnal Teknoinfo, vol. 12, no. 1, pp. 7-10., 2018.

U. Rio, S. Erlinda and D. Haryono, "Implementasi Model Mobile Augmented Reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking.," INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 177-191, 2016.

S. Putrawangsa and U. Hasanah, "Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0: Kajian dari perspektif pembelajaran matematika," Jurnal Tatsqif,, vol. 16, no. 2, pp. 42-54., 2018.

D. Rapitasari, "Digital marketing berbasis aplikasi sebagai strategi meningkatkan kepuasan pelanggan," Cakrawala, vol. 10, no. 2, pp. 107-112., 2016.

M. Biehl, B. Hammer and T. Villmann, "Prototype‐based models in machine learning.," Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science,, vol. 7, no. 2, pp. 92-111., 2016.

A. J. J. Van Es, M. G. Labate, M. F. Waterson, J. A. D. E. R. Monari, P. Bolli, D. Davidson and F. Paonessa, "A prototype model for evaluating SKA-LOW station calibration.," In Ground-based and airborne telescopes, vol. VIII, no. 11445, pp. 1449-1468, 2020.

Y. X. P. Ye and M. Zhang, "Social media, public discourse and civic engagement in modern China," Telematics and Informatics, vol. 34, no. 3, pp. 705-714., 2017.

B. F. Olowo, F. O. Alabi, C. A. Okotoni and M. A. Yusuf, "Social media: Online modern tool to enhance secondary schools students’ academic performance," International Journal on Studies in Education, vol. 2, no. 1, pp. 26-35., 2020.

S. Siswidiyanto, D. Wijayanti and E. Haryadi, "Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype," Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 15, no. 1, pp. 16-23, 2020.

W. Nugraha and M. Syarif, "Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website," JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas, vol. 3, no. 2, pp. 94-101., 2018.

P. Yoko, R. Adwiya and W. Nugraha, "Penerapan metode prototype dalam perancangan aplikasi SIPINJAM berbasis website pada Credit Union Canaga Antutn," Jurnal Ilmiah Merpa, vol. 7, no. 3, pp. 212-223., 2019.

E. W. Fridayanthie, H. Haryanto and T. Tsabitah, "Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web.," Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 22, no. 2, pp. 421-433, 2021.

A. Syarifudin, "Perancangan Sistem Informasi Pengajuan dan Pelaporan Pembayaran Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan Menggunakan Metode Prototype," Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer),, vol. 8, no. 2, pp. 149-158, 2019.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/coreai.v4i2.7600


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 M . Syafiih, Awang Risaf Rojabi, Moch. Rifqi Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi

Published by Technic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.