Dampak Video Edukasi Animasi terhadap Pengetahuan dan Perilaku Higienis Cuci Tangan Siswa SD

DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v13i1.11229

Authors (s)


(1) * Linda Qomariyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ahmad Kholid Fauzi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Zainal Munir   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tangan yang bersih akan mencegah berbagai penularan penyakit seperti diare, tipoid, hepatitis dan berbagai penyakit infeksi dan penyakit menular lainnya. Cuci tangan sering dianggap sebagai hal yang sepele di masyarakat, terutama pada anak-anak usia sekolah yang mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perlunya cuci tangan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan dengan media video animasi terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mencuci tangan pakai sabun pada anak kelas 1 sekolah dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan rancangan one-group pre-post test design dengan teknik total sampling. Analisis data dilakukan dengan uji Wicoxon dan uji MC Nemar. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai p = 0,00 > α 0,05, yang artinya menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku siswa sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan dengan media video animasi. Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi kesehatan dengan media video animasi terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mencuci tangan pakai sabun pada anak kelas 1 sekolah dasar. Implikasi: daya Tarik visual tinggi, pemahaman  dan pengetahuan yang lebih baik, penyebaran pesan cepat, peningkatan perilaku hidup sehat.




Full Text: PDF



References


A & Dewi M, W. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Nuha Medika.

Adriana, O. sisi. (2021). Efektifitas pendidikan kesehatan terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun dalam upaya pencegahan covid 19. Real in Nursing Journal (RNJ), 4(2), 77–88. https://ojs.fdk.ac.id/index.php/Nursing/index

Ariyanto, T., Budiarto, A., & Aninstya, M. R. (2023). Peningkatan Pengetahuan , Sikap , dan Keterampilan Cuci Tangan Enam Langkah WHO Siswa SDN 1 Iroyudan : Studi One Group Pretest-Posttest. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna (PARIKESIT), 1(2), 181–191. https://doi.org/http://doi.org/10.22146/parikesit.vlil.9551

Azwar. (2016). Sikap manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka belajar.

Cahyani. (2022). Jurnal Keperawatan Hang Tuah ( Hang Tuah Nursing Journal ) The relationship between knowledge levels and attitudes about clean and healthy life behavior (phbs)with diarrhea Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah. 2, 82–97.

Chimylova dkk, I. (2020). hubungan pengetahuan dengan sikap cuci tangan pakai sabun pada peserta didik di sd inpres likupang satu kabupaten minahasa utara. Jurnal KESMAS, 9(6), 96–100.

Devi Septiyani, A., Dias Utami, K., Sumiyarini, R., & Program studi Ilmu Keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Dosen Program studi Ilmu Keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, M. (2023). Pengaruh Media Animasi Terhadap Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak di SDN Banguntapan. Healthy Indonesian Journal, 2(3), 117–125. https://jurnal.samodrailmu.org/index.php/jurinsejurinse@samodrailmu.org

Dwi, R. (2022). Pengaruh edukasi menggunakan Hand’s Card Game terhadap pengetahuan dan keterampilan 6 langkahcuci tangan pada anak sekolah dasar. Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan, 9(2). https://doi.org/10.29406/jjum.v9i2.4715

Dyah. (2017). Penyuluhan dengan media audio visual meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. 4.

Fatmawati, K. (2020). Pengaruh modeling video animasi terhadap kemampuan ibu dalam kesiapan pelaksanaan toilet training pada anak usia toddler di wilayah puskesmas kenjeran surabaya. http:/repository.unair.ac.id/id/eprint/105573

Fitriana, A. R., & Maryati, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa SDN Cipadu Tangerang. Journal of Nursing and Health Science, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.58730/jnhs.v1i1.21

Handayani dkk, S. (2022). PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DAN PEMUTARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SDN 043 / XI KOTO RENAH. Jurnal Sehat Mandiri, 17(1), 37–47.

Irawan dkk, E. (2022). Hubungan tingkat pengetahuan keluarga pasien dengan perilaku cuci tangan di rumah sakit. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 112–121.

K, Pranata. Dewi, H. L. & Z. (2022). Efektifitas video animasi berbasis animaker terhadap perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar. Journal Tunas Bangsa, 2, 11–17.

Kartikasari, F., Yani, A., & Azidin, Y. (2020). Pengaruh Pelatihan Pengkajian Komprehensif Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Perawat Mengkaji Kebutuhan Klien Di Puskesmas. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi), 5(1), 79–89. https://doi.org/10.51143/jksi.v5i1.204

Kesehatan, K. (2019). Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan RI.

Ketut, N., Parasyanti, V., Luh, N., Puspita, G., Agung, I. G., & Putri, A. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.36565/jab.v9il.197

Kusuma;Nurchayati, T. (2021). SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PANDEMI COVID-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(4), 1–12.

Lamria, S., & Lumbantoruan, D. (2021). Pengaruh Edukasi Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Anak Dalam Melakukan Praktek Cuci Tangan Di Sd Swasta 2 Hkbp Balige. Jkh, 2(1), 36–47.

Makrifah. (2016). Hubungan Penyuluhan Cuci Tangan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas 1 Di SD Negericentong Desa Centong Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.

Noorratri Dewi Erika, Sari Mustika Irma, H. S. (2023). optimalisasi pemberian penyuluhan kesehatan dan demostrasi cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang baik dan benar di SD Negeri Mojorejo 2 Kabupaten Sragen. Community Development in Health Journal, 1(2), 109–119.

Notoatmodjo. (2010). promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Rineka cipta.

Notoatmodjo. (2013). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Rineka cipta.

Notoatmojo. (2012). Pendidikan kesehatan dan Perilaku kesehatan. PT Rineka Cipta.

Nugroho Tri, R. S. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan cuci tangan pakai sabun pada anak SD kelas 2. Healthy Journal, VIII(1), 41–48.

Nurhafizah, S. (2021). analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan soaial dan emosional anak usia dini. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696.

Pauzan A, H. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Cuci Tangan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cicadas 2 Kota Bandung.

Pranata, K., & Dewi, H. L. (2022). Efektivitas video animasi berbasis animaker. 9(1), 11–17.

Purnamasari Dkk, A. (2023). pengaruh penyuluhan dengan film animasi terhadap pengetahuan siswa SDN 70 Kendari tentang cuci tangan. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA, 9(2), 128–134.

Purwanti, Y. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Ketrapilan Cuci Tangan Yang Benar Dalam Pencegahan Penularan Covid 19 Pada Anak Sekolah. 35, 68.

Putri Utami dkk, R. (2020). Pengaruh promosi kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap cuci tangan siswa di sd negeri 117 palembang.

Rahmita. (2019). Pemanfaatan Video Mencuci Tangan Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Praktik Mencuci Tangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar.

Rosi;, E. (2022). Pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan video animasi Handwashing Dance terhadap pengetahuan dan sikap mencuci tangan anak. Jurnal Masker Medika, 10(1), 623–630. https://jmm.ikestmp.ac.id.10.52523/maskermedika.v9i2.479

saputra dedi fadrida, A. (2019). health edukasi pentingnya cuci tangan pakai sabun di sekolah dasar negeri 2 mangunjaya. 2(1).

Setia sari dkk, R. (2021). Meningkatkan pengetahuan cara mencuci tangan dan penggunaan masker yang benar melalui penyuluhan kesehatan pada anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 405–413.

Sri dkk, N. (2021). Pengaruh penyuluhan cuci tangan pakai sabun terhadap sikap pencegahan diare pada peserta didik di SD Gmist Imanuel Ondong kabupaten Sitaro. Jurnal KESMAS, 10(1), 23–30.

Tanari, G. R., Herland, F., Fretes, E. De, & Sambo, M. (2020). Dampak Edukasi Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Mencuci Tangan Anak. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (JKFN), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.52774/jkfn.v3i1.44

Teguh dkk, M. (2020). Pengaruh video tutorial Hand Hygiene terhadap keterampilan mencuci tangan siswa SDN Cisengkol. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(2), 209–218.

Toar, J. (2023). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Menggunakan Media Video dan Gerak Lagu. Jurnal Educatio, 9(2), 673–680. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4610

Ton, S. (2023). Evaluasi Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Mahasiswa dalam Penyuluhan Peternakan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8), 3705–3712.

Trianingsih, R. (2016). pengantar praktik mendidik anak usia sekolah dasar. Jurnal Al Ibtiya, 3(2).

Wati. (2017). Pengaruh intervensi penayangan video terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan tentang cuci tangan pakai sabun pada siswa SDN 10 Kabawo tahun 2016.

Wati. (2019). Pengaruh Intervensi Penayangan Video terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa SDN 10 Kabawo.

Yuli, F. (2023). Pengaruh Media Edukasi Video Animasi Terhadap Pengetahuan Tentang Protokol Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dan Memakai Masker Siswa Smp Sriwedari Malang. Jurnal Ners, 7(1), 220–224. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.12931


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jkp.v13i1.11229




Copyright (c) 2025 linda qomariyah