Efektivitas Program Edukasi Gizi Seimbang Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Gizi Seimbang Pada Remaja

ZAINAL MUNIR, Anando Setyo Adirawan, Umarul Faruq, Mu’adam Mu’adam, Muhammad Fahim Ramadana
DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v12i2.9458



Abstract

Masalah gizi pada remaja di Indonesia, terutama di kota kecil seperti Probolinggo, masih menjadi perhatian utama. Remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap masalah gizi karena masa pertumbuhan yang pesat memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program edukasi gizi seimbang dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik gizi seimbang pada remaja di MAN 1 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen Quasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi langsung. Jumlah responden sejumlah 32 siswa. kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, khususnya Uji T untuk sampel berpasangan. Hasil menunjukkan bahwa  program edukasi gizi seimbang secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik gizi seimbang pada remaja dibandingkan dengan tidak adanya program edukasi Kesimpulan dan Rekomendasi yang menyajikan kesimpulan, implikasi, dan rekomendasi berdasarkan temuan penelitian.


Full Text:

PDF

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jkp.v12i2.9458


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Keperawatan Profesional