Efektivitas Program Edukasi Gizi Seimbang Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Gizi Seimbang Pada Remaja

DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v12i2.9458

Authors (s)


(1) * Zainal Munir   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Anando Setyo Adirawan   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Umarul Faruq   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Mu’adam Mu’adam   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Muhammad Fahim Ramadana   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah gizi pada remaja di Indonesia, terutama di kota kecil seperti Probolinggo, masih menjadi perhatian utama. Remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap masalah gizi karena masa pertumbuhan yang pesat memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program edukasi gizi seimbang dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik gizi seimbang pada remaja di MAN 1 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen Quasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi langsung. Jumlah responden sejumlah 32 siswa. kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, khususnya Uji T untuk sampel berpasangan. Hasil menunjukkan bahwa  program edukasi gizi seimbang secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik gizi seimbang pada remaja dibandingkan dengan tidak adanya program edukasi Kesimpulan dan Rekomendasi yang menyajikan kesimpulan, implikasi, dan rekomendasi berdasarkan temuan penelitian.




Full Text: PDF



References


Abderbwih, E., Mahanani, M. R., Deckert, A., Antia, K., Agbaria, N., Dambach, P., Kohler, S., Horstick, O., Winkler, V., & Wendt, A. S. (2022). The Impact of School-Based Nutrition Interventions on Parents and Other Family Members: A Systematic Literature Review. Nutrients, 14(12), 1–14. https://doi.org/10.3390/nu14122399

Almatsier S. Gizi Seimbang dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2011.

Almatsier S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2011.

Eza Tama Puspita. (2021). PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU TAHUN 2021. 4(1), 6.

Hamulka, J., Wadolowska, L., Hoffmann, M., Kowalkowska, J., & Gutkowska, K. (2018). Effect of an Education Program on Nutrition Knowledge, Attitudes toward Nutrition, Diet Quality, Lifestyle, and Body Composition in Polish Teenagers. The ABC of Healthy Eating Project: Design, Protocol, and Methodology. Nutrients, 10(10). https://doi.org/10.3390/nu10101439

Mason, J., Sanders, D., Musgrove, P., Soekirman, S., & Galloway, R. (2006). Community Health and Nutrition Programs.

Mukhamedzhanov, E., Tsitsurin, V., Zhakiyanova, Z., Akhmetova, B., & Tarjibayeva, S. (2023). The Effect of Nutrition Education on Nutritional Behavior, Academic and Sports Achievement and Attitudes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(2), 358–374. https://doi.org/10.46328/ijemst.3133

Murdiningrum, S., & Handayani, H. (2021). Efektifitas Media Edukasi Gizi Untuk Peningkatan Pengetahuan Gizi Remaja. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 53. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5759

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Pusat Statistik. (2020). Survei Kesehatan Nasional. BPS.

Raut, S., KC, D., Singh, D. R., Dhungana, R. R., Pradhan, P. M. S., & Sunuwar, D. R. (2024). Effect of nutrition education intervention on nutrition knowledge, attitude, and diet quality among school-going adolescents: a quasi-experimental study. BMC Nutrition, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s40795-024-00850-0

Sharma, J., Nagar, L., Professor, A., & Management, H. (2020). Analysis of Psychological Factors for Food Choice & Eating Behaviour-a Review. International Journal of Research and Analytical Reviews, June 2020. www.ijrar.org

Vincze, L., Barnes, K., Somerville, M., Littlewood, R., Atkins, H., Rogany, A., & Williams, L. T. (2021). Cultural adaptation of health interventions including a nutrition component in Indigenous peoples: a systematic scoping review. International Journal for Equity in Health, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12939-021-01462-x

WHO. (2021). Mental health of adolescents. World Health Organization. https://www.who.int//news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health/?gad_source=1&gclid=Cj0KCQjw7ZO0BhDYARIsAFttkCgSjQ8K0pH648zQwirtiOx9hXpXM0pboQDn_ewmjjtb8uIvifoIOp0aAtbGEALw_wcB

Xu, Y. Y., Sawadogo-Lewis, T., King, S. E., Mitchell, A., & Roberton, T. (2021). Integrating nutrition into the education sector in low- and middle-income countries: A framework for a win–win collaboration. Maternal and Child Nutrition, 17(3), 1–13. https://doi.org/10.1111/mcn.13156


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jkp.v12i2.9458




Copyright (c) 2024 Jurnal Keperawatan Profesional