Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Keperawatan

DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v13i1.9992

Authors (s)


(1) * Sabrina Nur Ramadhanty   (Universitas Riau, Pekanbaru)  
        Indonesia
(2)  Fathra Annis Nauli   (Universitas Riau, Pekanbaru)  
        Indonesia
(3)  Stephanie Dwi Guna   (Universitas Riau, Pekanbaru)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa Keperawatan berpotensi mengalami burnout akibat tingginya beban akademik dan akan berdampak buruk bagi mahasiswa Keperawatan dimana faktor yang menyebabkan burnout bisa berasal dari lingkungan akademik itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran burnout pada mahasiswa Keperawatan Universitas Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif sederhana. Sampel pada penelitian ini merupakan mahasiswa Keperawatan yang mengalami burnout berjumlah 236 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa mayoritas mahasiswa berusia 20 tahun (38,1%), dengan jenis kelamin perempuan (87,7%), dan angkatan yang paling banyak yaitu angkatan 2023 (42,8%). Didapatkan burnout ringan pada mahasiswa sebanyak 58 mahasiswa (24,6), sedang 176 mahasiswa (74,6%), dan berat 2 orang (0,8%). Mayoritas mahasiswa mengalami burnout pada dimensi exhaustion kategori sedang (61%), depersonalisasi ringan (46,2%) dan penurunan pecapaian yang rendah kategori ringan (59,3%). Faktor yang terbanyak menyebabkan burnout yaitu beban akademik yang tinggi (56,4%). Dampak yang paling sering dialami oleh mahasiswa adalah kelelahan (56,0%), diikuti oleh sering merasa ketakutan akan pikirannya sendiri (49,1%) dan merasa hasil belajarnya tidak memuaskan (45,3%). Kesimpulannya, mayoritas mahasiswa mengalami burnout pada kategori sedang.  Manajemen lingkungan yang baik oleh institusi dapat membantu menurunkan risiko terjadinya burnout pada mahasiswa.




Full Text: PDF



References


Aini, A. N., Lestari, S. P., & Apriliyanti, R. (2024). Hubungan Beban Tugas, Kontrol Diri, Dan Komunitas Terhadap Burnout Academic Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 12(1), 49–60.

Alam, R. (2022). Kelelahan Kerja (Burnout). Penerbit Kampus.

Batinah, B., Meiranny, A., & Arisanti, A. Z. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini: Literatur Review. Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v9i1.1510

Dam, A. Van. (2021). A clinical perspective on burnout: diagnosis, classification, and treatment of clinical burnout. European Journal of Work and Organizational Psychology, 30(5), 732–741. https://doi.org/10.1080/1359432X.2021.1948400

Dewi, N. L. P. T., & Wati, N. M. N. (2021). Penerapan Metode Gayatri Mantra Emotional Freedom Emotional (GEFT) Pada Aspek Psikologis (I). CV. Penerbit Qiara Media.

Edú-Valsania, S., Laguía, A., & Moriano, J. A. (2022). Burnout: A Review of Theory and Measurement. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(3), 1780. https://doi.org/10.3390/ijerph19031780

Elisabeth, C. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 8–15. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/74%0Ahttp://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/download/74/77

Firdaus, A., Yuliansari, N., Djalillah, G. N., & Utama, R. M. (2021). Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Hang Tuah Medical Journal, 18(2), 117–135. https://doi.org/10.30649/htmj.v18i2.117

Gómez-Urquiza, J. L., Velando-Soriano, A., Membrive-Jiménez, M. J., Ramírez-Baena, L., Aguayo-Estremera, R., Ortega-Campos, E., & Cañadas-De la Fuente, G. A. (2023). Prevalence and levels of burnout in nursing students: A systematic review with meta-analysis. Nurse Education in Practice, 72(June 2023). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103753

Hutasoit, D., Mendrofa, J. I., Arkianti, M. M. Y., & Diannita, C. . G. (2024). Jurnal Keperawatan Malang ( JKM ) SLEEP QUALITY OF SECOND YEAR NURSING STUDENTS Jurnal Keperawatan Malang ( JKM ). 09(01), 58–66.

Idris, H. (2022). Seni Menjadi Mahasiswa Unggul. Penerbit Andi. https://www.google.co.id/books/edition/Seni_Menjadi_Mahasiswa_unggul/p_BvEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Jensen, M. T., & Olsen, E. (2023). Academic burnout: causes and consequences. Practicing Responsibility in Business Schools, November, 164–181. https://doi.org/10.4337/9781035313174.00019

Koutsimani, P., Montgomery, A., Masoura, E., & Panagopoulou, E. (2021). Burnout and Cognitive Performance. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(4), 2145. https://doi.org/10.3390/ijerph18042145

Kusuma, U., Surakarta, H., & Surakarta, K. H. (2024). merupakan kelelahan fisik, emosional, dan mental yang disebabkan keterlibatan jangka panjang dalam situasi yang penuh dengan tuntutan emosional. Mahasiswa keperawatan dapat berisiko mengalami. 1–9.

Liu, W., Zhang, R., Wang, H., Rule, A., Wang, M., Abbey, C., Singh, M. K., Rozelle, S., She, X., & Tong, L. (2024). Association between anxiety, depression symptoms, and academic burnout among Chinese students: the mediating role of resilience and self-efficacy. BMC Psychology, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s40359-024-01823-5

Lopes, A. R., & Nihei, O. K. (2020). Burnout among nursing students: predictors and association with empathy and self-efficacy. Revista Brasileira de Enfermagem, 73(1), 1–8. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2018-0280

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2017). Understanding Burnout. In The Handbook of Stress and Health (pp. 36–56). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118993811.ch3

Mulyono, A. D., & Rahim, A. (2024). Prevalensi Burnout Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Ebers Papyrus, 29(2), 1–12. https://doi.org/10.24912/ep.v29i2.28146

Neckel, S., Schaffner, A. K., & Wagner, G. (2017). Burnout, Fatigue, Exhaustion: An Interdisciplinary Perspective on a Modern Affliction. In Burnout, Fatigue, Exhaustion: An Interdisciplinary Perspective on a Modern Affliction (Issue June). https://doi.org/10.1007/978-3-319-52887-8

Pham Thi, T. D., & Duong, N. T. (2024). Investigating learning burnout and academic performance among management students: a longitudinal study in English courses. BMC Psychology, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s40359-024-01725-6

Prabhasuari, I. A. M., Rahajeng, I. M., & Pramitaresthi, I. G. A. (2021). Survei Burnout Pada Mahasiswa Keperawatan Yang Menjalani Sistem Pembelajaran Blok Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Coping: Community of Publishing in Nursing, 9(4), 474. https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i04.p14

Putri, B., Amalia, E., & Sari, D. P. (2021). Hubungan Antara Burnout Dan Kualitas Tidur Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Mataram. Prosiding Sanintek Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram, 3(November 2020), 282–292.

Putri, K., Nauli, F. A., & Aziz, A. R. (2023). Hubungan Burnout terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Riau. JUKEJ : Jurnal Kesehatan Jompa, 2(2), 164–177. https://doi.org/10.57218/jkj.vol2.iss2.896

Rahmawati, R. (2022). Menurunkan Gejala Kecemasan Pada Gangguan Kecemasan Umum Dengan Cognitive Therapy. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 10, 4.

Sarfika, R. (2019). Stress Pada Mahasiswa Keperawatan Dan Strategi Koping Yang Digunakan. NERS Jurnal Keperawatan, 14(2), 81. https://doi.org/10.25077/njk.14.2.81-91.2018

Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003

Suha, Y., Nauli, F. A., & Karim, D. (2021). Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(3), 282. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i03.p07

Sunaras, S., Novianty, L., & Rahayu, R. (2023). Hubungan Resiliensi Akademik dan Mekanisme Koping dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 10(2), 87–95. https://doi.org/10.33867/jka.v10i2.402

Syahid, M. A. S., Sahade, S., Rijal, A., Anwar, S., & Hasyim, S. H. (2024). THE INFLUENCE OF BURNOUT STUDY TOWARD STUDENTs ACHIEVEMENT. Jurnal Eduscience, 11(1), 72–82. https://doi.org/10.36987/jes.v11i1.5226

Vale, T. C. B., Paiva, J. H. H. G. L., Medeiros, V. N., Gomes, P. Í. O., Bezerra, H. C. B., Bachur, T. P. R., & Castro, D. B. de. (2021). Factors behind burnout increase in medical students. Are the criteria so important? Revista Brasileira de Educação Médica, 45(2). https://doi.org/10.1590/1981-5271v45.2-20200193.ing

Venawati, F., Lubis, A. P., Bangun, C. G., & Yunanda, Y. (2023). Relationship Between Fatigue and Burnout Syndrome Among Residents in Anesthesiology and Intensive Therapy Department. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 6(3), 330–339. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2023.v6.330-339

Wahab, R., Tjhin, P., & Istriana, E. (2024). Hubungan Karakteristik Mahasiswa Dengan Burnout Akademik Pada Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Akta Trimedika, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.25105/aktatrimedika.v1i1.19206

Wang, M., Guan, H., Li, Y., Xing, C., & Rui, B. (2019). Academic burnout and professional self-concept of nursing students: A cross-sectional study. Nurse Education Today, 77, 27–31. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.03.004


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jkp.v13i1.9992




Copyright (c) 2025 Sabrina Nur Ramadhanty, Fathra Annis Nauli, Stephanie Dwi Guna