Pesepsi Guru Tentang Pola Kepemimpinan dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTs 1 Negeri Situbondo

Ummi Kulsum, Suhermanto Suhermanto, Sugiono Sugiono
DOI: https://doi.org/10.33650/jumpa.v2i1.1659



Abstract

Kualitas guru sampai saat ini tetap menjadi persoalan yang penting, karena pada kenyataannya keberadaan guru di berbagai jenjang, dari Taman Kanak-kanak sampai Sekolah Menengah Atas oleh sebagian kalangan dinilai jauh dari kinerja yang distandarkan. Kinerja guru banyak disangkutpautkan dengan rendahnya mutu pendidikan. Guru sebagai makhluk sosial juga memerlukan kebutuhan yang lain untuk dapat bekerja dengan baik. Untuk dapat berpikir serta bekerja secara maksimal dalam kerjanya, guru sangat dipengaruhi oleh lingkungan kerja dimana mereka berada serta kepala sekolah yang profesional

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola kepemimpinan terhadap kinerja guru di MTs 1 Negeri Situbondo. Untuk mengetahui pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja guru di MTs 1 Negeri Situbondo. Untuk mengetahui pengaruh pola kepemimpinan dan komitmen kerja secara simultan terhadap kinerja guru di MTs 1 Negeri Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, Uji Prasyarat, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji determinasi

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pola kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja guru di MTs 1 Negeri Situbondo. 2) Komitmen kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru di MTs 1 Negeri Situbondo. 3) Pola kepemimpinan dan komitmen kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru di MTs 1 Negeri Situbondo


Full Text:

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jumpa.v2i1.1659


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ummi Kulsum

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JUMPA: Jurnal Manajemen Pendidikan 
Published by Postgradute Program of Nurul Jadid University, East Java, Indonesia