ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN BUTIK INDAH JAYA GANTING WETAN

Putri Lailatul Isnaini
DOI: https://doi.org/10.33650/adab.v2i2.3268



Abstract

Covid-19 merupakan wabah penyakit menular yang muncul pertama kali di Wuhan China. Wabah ini berkembang begitu cepat ke berbagai negara termasuk Indonesia. Untuk mengatasi wabah ini, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan dengan menerapkan social distancing untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia. Akibatnya perekonomian nasional dan pendapatan masyarakat khususnya UMKM mengalami penurunan yang sangat signifikan tak terkecuali Butik Indah Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap pendapatan Butik Indah Jaya. Teknik analisis data  yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan eksploratif yang dikembangkan dengan penjelasan teori teori terkait, dengan menggunakan metode analisis data berupa deskriptif, induktif, dan deduktif. Adapun pengumpulan data bersumber dari observasi, wawancara, kajian pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah catatan data keuangan di butik Indah Jaya terbagi menjadi tiga yaitu pendapatan sebelum pandemi, pendapatan setelah pandemi, dan pendapatan setelah penyesuaian diri di masa pandemi. Dari ketiga catatan data keuangan tersebut menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan terhadap pendapatan butik indah, lalu kemudian mengalami kenaikan pendapatan akibat penyesuaian diri di masa pandemi namun kenaikan tersebut masih belum maksimal sehingga memerlukan pengembangan terhadap strategi operasional dan pemasaran..

 

Kata kunci: Dampak Covid-19, Pendapatan Butik, UMKM.


Full Text:

PDF

References

Amri Andi. (2020). Dampak Covid – 19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123-130.

Awali, Husni, dan Farida Rohmah. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid – 19 terhadap Perekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

Putri, Mutik Aromsin, Rusi Septyanani, dan Aris Prio Agus Santoso. (2020). Dampak Covid-19 pada Perekonomian Indonesia. Hubisintek: Seminar Nasional, Hukum, Bisnis, Sains, dan Teknologi, 1, 198-203.

Romaito Butar Butar, Gestry. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Industri Makanan Khas Di Kota Tebing Tinggi. Pekanbaru: Universitas Riau. 4(1), 624.

Thaha, Abdurrahman Firdaus. (2020). Dampak Covid – 19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147-153.

Yamali, Fakhrul Rozi, dan Ririn Noviyanti Putri. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384-388.

Basuki, Agus Tri, dan Nano Prabowo. (2014). Pengantar Teori Ekonomi. Yogyakarta: Mitra Pusaka Nurani (Matan).

BN. Marbun. (2008). Kamus Manajemen. Jakarta: Balai Pustaka.

Hidayati, Syafaatul. (2019). Teori Ekonomi Mikro. Banten: Unpam Press.

Kemendikbud. (2015). Matematika SMP/MTs Kelas XI Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muchtholifah. (2010). Ekonomi Makro. Surabaya: Unesa University Press.

Satyodirgo, Rulanti. 1979. Pengelolaan Usaha. Jakarta: Depdikbud RI.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumardi. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutaryo, dkk. (2020). Buku Praktis Penyakit Virus Corona 19 (Covid-19). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hakim, Iqbal. (2020). "Data Sekunder: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya''. insanpelajar.com. https://insanpelajar.com/data-sekunder/ (Diakses pada tanggal 30 Desember 2021)

Kemkes RI. (2020). "Pertanyaan dan Jawaban Terkait Covid-19". Kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html. (Diakses pada tanggal 30 Desember 2021)

Kominfo. (2017). Kuliner, Kriya dan Fashion, Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif. Kominfo.go.id. https://kominfo.go.id/content/detail/11034/kuliner-kriya-dan-fashion-penyumbang-terbesar-ekonomi-kreatif/0/berita_satker (Diakses pada tanggal 30 Desember 2021)

Kristianus, Arnoldus. (2020) "Kemenkop UKM: 90% UMKM Terdampak Pandemi Covid-19". Investor.id. https://investor.id/business/kemenkop-ukm-90-umkm-terdampak-pandemi-covid19 (Diakses pada tanggal 30 Desember 2021)

Satgas Penanganan Covid-19. (2021). "Satgas Penanganan Covid-19: Beranda". covid-19.co.id. https://covid19.go.id (Diakses pada tanggal 30 Desember 2021)

Syamsudin, Muhammad. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. nu.or.id. https://www.nu.or.id/post/read/123247/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-umkm-di-indonesia (Diakses pada tanggal 30 Desember 2021)

Zuraya, Nadia. (2020). Tiga Dampak Besar Pandemi Covid-19 Ekonomi RI. Republika.com. https://www.republika.co.id/berita/qdgt5p383/tiga-dampak-besar-pandemi-covid19-bagi-ekonomi-ri. Diakses pada (1 Desember 2021)


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/adab.v2i2.3268


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KEADABAN