Persepsi dan Preferensi Alumni Annuqayah terhadap Potensi Wisata Syariah di Kabupaten Sumenep



Authors (s)


(1) * Ahmad Majdi Tsabit   (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Madura)  
        Indonesia
(2)  Maksum Maksum   (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Madura)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Wisata Syariah merupakan bentuk dari pengembangan wisata religi yang lumrah dilaksanakan oleh penduduk Indonesia. Pengembangan potensi wisata syariah menjadi penting ketika dihadapkan pada upaya pemulihan ekonomi akibat pandemic covid-19. Wisata syariah dapat menjadi alternatif pemasukan pendapatan masyarakat ditengah menurunnya kondisi ekonomi yang melanda hampir diseluruh sektor. Penelitian ini berupaya untuk melihat potensi wisata syariah di Kabupaten Sumenep berdasarkan persepsi dan preferensi alumni pondok pesantren Annuqayah.

Data yang digunakan menggunakan data primer yang didapatkan melalui angket yang disebar kepada responden menggunakna metode pengukuran rating scale, yang kemudian disajikan secara deskriptif kuantitatif menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) yang mengukur tingkat persepsi dan preferensi dari responden yang berjumlah 97 orang.

Hasil penelitian menghasilkan bahwa persepsi dan preferensi alumni annuqayah terhadap potensi wisata syariah di Kabupaten Sumenep sangat baik. Hal ini dilihat dari seluruh indikator tingkat persepsi yang lebih tinggi dari tingkat preferensi. Sedangkan hasil analisis IPA, atribut potensi wisata syariah di Kabupaten Sumenep terbagi menjadi empat atribut yaitu, pertama Atribut Prioritas Utama yaitu jaminan halal dan penampilan pemandu wisata, kedua Atribut Pertahankan yaitu objek wisata alam, wisata religi, ketersediaan fasilitas beribadah yang  layak dan scui dan makanan halal, berikutnya adalah kemudahan akses informasi wisata, lokasi objek wisata yang mudah dan terjangkau dan terserdianya akses transportasi yang memadai. Ketiga adalah Atribut Prioritas Rendah yaitu objek wisata budaya, pertunjukan seni, paket perjalanan wisata yang seusai kriteria wisata syariah dan kebersihan dan sanitasi lingkungan. Keempat Atribut Berlebihan, yaitu biaya transportasi dan fasilitas yang memudahkan untuk beribadah.

Kata Kunci: Persepsi, Preferensi, Potensi Wisata Syariah, Importance Performace Analysis








Article View

Abstract views : 280 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.