Pendampingan Speaking Skill menggunakan Metode Speaking Marathon di Zain Academy Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/adab.v4i1.4913

Authors (s)


(1) * Syaiful Islam   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Nur Faizatul Fadhila   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Wilda Layli Masruroh   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Nur Lailatul Badriyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


PKM ini menggunakan metode Speaking Marathon dengan melibatkan teori Mclyntire (2007) yang menghubungkan antara kemauan berkomunikasi dengan motivasi dan kekhawatiran dan belajar. PKM ini menggunakan pendekatan simulasi melalui teknis penggunaan pembelajaran terkait Speaking Marathon dan pendampingan. Dari hasil PKM ditemukan bahwa Speaking Marathon memberikan respon positif dalam meningkatkan kemauan berbicara siswa melalui aturan dalam metoda tersebut yang mengkesampingkan kesalahan berbahasa baik dari segi grammar, kosakata maupun pelafalan. Aturan tersebut dapat meminimalisir rasa khawatir siswa dalam melakukan kesalahan berbicara sehingga membangkitkan motivasi untuk terus berbicara dalam bahasa Inggris dengan percaya diri dan tanpa rasa takut, sehingga keraguan dan ketidakmauan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dapat diminimalisir. Namun demikian, tetap dibutuhkan pendampingan dari guru pendamping dan ketekunan dari para siswa untuk terus berlatih dan mau belajar lebih baik lagi agar keterampilannya terus meningkat.





Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 179 times | PDF files viewed : 212 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/adab.v4i1.4913


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KEADABAN