Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Menulis (Writing Skills) di Lembaga Kursus Zain Academy
AbstractProgram pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di lembaga kursus Bahasa Inggris, Zain Academy, yang berlokasi di Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo. Program ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan penyuluhan sekaligus pelatihan perencanaan pembelajaran yang baik melalui implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pemilihan pendekatan yang tepat berdasarkan Kurikulum 2013. Tujuan dari pelaksanaan abdimas ini adalah memberikan pemahaman dan pendampingan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) keterampilan menulis (writing skills) yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan buku Step Forward Language for Everyday Life karya Jeni Currie Santamaria dan Christy M. Newman yang digunakan Zain Academy, dalam hal ini implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) dan memberikan keterampilan kepada guru-guru tentang penyusunan rancangan pembelajaran sekaligus melakukan simulasi. Dari tujuan tersebut kemudian solusi-solusi diantaranya pendampingan secara langsung dan intensif serta mengkaji, membedah, dan berdiskusi lebih intsensif mengenai pembuatan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) keterampilan menulis (writing skills) yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan buku Step Forward Language for Everyday Life karya Jeni Currie Santamaria dan Christy M. Newman dengan implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk beberapa unit atau topic pembelajaran.
|
Full Text:
References
Adelson-Goldstein, J., Santamaria, J. C., & Caceras, V. (2008). Step Forward: Language for Everyday Life: Introductory Level. Oxford University Press.
Denman, B., Mahdesian, C., Newman, C., & Korey, J. (2017). Step Forward 2E Level 1 Student's Book. Oxford University Press.
Fajari, L. E. W., & Sarwanto, C. (2020, February). Enhancement of students critical-thinking skills through problem-based learning multimedia. In Proceedings of the 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019) (Vol. 397, pp. 976-987).
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Hasratuddin, H. (2010). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).
Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan pengembangan kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 6(1), 193-202.
Jusnita, N., & Ismail, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Kota Ternate. EDUKASI, 16(1).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014) ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah’, pp. 1–5.
Muhammad, N. U., Herlina, S., & Firmansyah, M. (2020). Analisa Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning, Problem Based Learning, Integrated, Community Based Learning, Electives, Systematic (SPICES) Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Kedokteran Komunitas, 8(1).
Mulyasa, H. E. (2020). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.
Mulyatna, F., Indrawati, F., & Hartati, L. (2018). Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Abdimas Dewantara, 1(1), 11-22.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., ... & Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Ruja, I. N. (2015). Survey Permasalahan Implementasi Kurikulum Nasional 2013 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Di Jawa Timur. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(2), 193-199.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.
Sunardi, S., Nugroho, P. J., & Setiawan, S. (2019). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Equity in Education Journal, 1(1), 20-28.
Suryanto, B. T. (2018). WRITTEN GRAMMAR FEEDBACK ON STUDENTS’WRITING WITH VISUAL LEARNING STYLE. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-18.
Zahrawati, F., & Ramadani, A. N. (2021). Problematika implementasi kurikulum 2013 terhadap proses pembelajaran pada masa pandemik COVID-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 75-88.
10.33650/keadaban.v4i1.5070 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 KEADABAN