Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Bagi Mahasiswa Pra-PPL

Mochlis Ekowijayanto, Mohammad Altof Ferdiansyah
DOI: https://doi.org/10.33650/adab.v4i1.5196



Abstract

Pembelajaran mobile atau M-Learning muncul sebagai salah satu solusi untuk tantangan yang dihadapi oleh pendidikan. Dengan beragam alat dan sumber daya yang selalu tersedia, pembelajaran seluler memberikan peningkatan opsi untuk personalisasi pembelajaran. Pembelajaran bergerak di ruang kelas sering kali membuat siswa bekerja secara saling tergantung, dalam kelompok, atau secara individu untuk menyelesaikan masalah, untuk mengerjakan proyek, dan untuk memenuhi kebutuhan individu. Dengan akses ke begitu banyak konten kapan saja dan di mana saja, ada banyak peluang untuk pembelajaran formal dan informal, baik di dalam maupun di luar kelas. Penggunaan M-learning akan memudahkan Mahasiswa mentransfer materi dalam proses pembelajaran. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah : Pertama, memberi penjelasan pemanfaatan aplikasi berbasis android pada proses pembelajaran. Kedua, untuk memberikan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis android. Ketiga, untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara menerapkan fitur-fitur dalam aplikasi android untuk memudahkan proses pembelajaran. Target untuk pengabdian ini adalah mahasiswa pra-PPL program studi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu ceramah dan diskusi, bimbingan dan pendampingan. Metode ceramah dan diskusi digunakan untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan teori aplikasi android. Metode bimbingan dan pendampingan digunakan untuk mempraktekkan langsung hasil dari teori yang telah dipelajari. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pendampingan ini adalah: Pertama, mahasiswa telah memahami peran apilkasi android pada proses pembelajaran. Kedua, mahasiswa mampu didalam pembuatan aplikasi media pembelajaran berbasis android. Ketiga, rmahasiswa mampu menerapkan fitur-fitur yang ada pada aplikasi android yang telah disusun untuk mempermudah proses pembelajaran dalam Bahasa Inggris.


Full Text:

PDF

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Itqan, 8(2), 145–167. Retrieved from http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Bahroni, I., Purwanto, R., & Rahadi, N. W. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Menggunakan PowerPoint Bagi Guru-guru SMP, SMK dan SMA Di Kabupaten Cilacap. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.33

Deliar, I., & Nurzaelani, M. M. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 35–47. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/2061

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245.

Iyatuna, T. (2017). TARB IYATUNA, Vol. 8 No. 2 Desember, 2017 94. 8(2), 94–103.

Mubarok, R. (2020). MODEL PENGELOLAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Pendahuluan Kemendikbud dorong pembelajaran daring bagi kampus di wilayah. 5(2), 147–160.

Perkembangan, A., & Perubahan, P. (2018). Memanfaatkan kemajuan teknologi. 58–64.

Saek, F. A., Purba, K. R., & Purbowo, A. N. (2017). Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menengah Atas Kelas X dengan Fitur Speaking dan Listening Practice Berbasis Android. Jurnal Infra, 5(2).

Sudarwan, D. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (1), 2016, 88-99, 2(1), 88–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/adab.v4i1.5196


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KEADABAN