STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUKSI (STUDI PADA TAPE “WANGI PRIMA RASA” DI BINAKAL BONDOWOSO)

Temmy Wijaya, Ana Maghfiroh
DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.563



Abstract

Perusahaan yang sustainable adalah perusahaan yang dapat berkembang dalam berbagai produk, bertahan dan berdaya saing dengan perusahaan lainnya, termasuk pabrik Tape Prima Rasa. Penelitian ini fokus masalah pada Bagaimana proses pengembangan produk tape “Wangi Prima Rasa” dan  strategi yang digunakan untuk meningkatkan daya saing di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu  reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini : strategi pengembangan produk tape “Wangi Perima Rasa” meliputi beberapa tahap dari awal sampai finishing, melalui proses pengembangan tape dengan munculnya ide, pengembangan dan pengujian konsep produk. Strategi untuk meningkatkan daya saing diantaranya produk baru bagi dunia, lini produk baru, penyempurnaan produk yang sudah ada, repositioning, pengurangan biaya. 



Full Text:

PDF

References

Alma, B. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikonto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. 2011. Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ghofron, I.(2015) peningkatan produksi dalam sistem ekonomi islam sebagai upaya pemberdayaan ekonomi umat (Dinar, 1 (02). 01.

Ghofron, I. Dkk, 2018 Konsep Waralaba Perspektif Ekonomi, (Amwaluna 3(01). 01.

Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhadjir, N. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Noor, J. 2002. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Rini, E. 2013. Peran Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ekonomi.

Subhan, A. 2018. Analisis Strategi Pengembangan Produk Keripik Singkong Di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Skripsi.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Saputra, U. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Tjiptono, F Dkk. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Purwanto, I. 2002. Manajemen Strategi. Bandung: Yrama Widya


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v2i1.563


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Temmy Wijaya, Ana Maghfiroh

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.