Aisyah, N., & Zakiyah, F. (2023). Pendekatan Sosio Emosional Wali Asuh dalam Meningkatkan Pembelajaraan Furudhul ‘Ainiyah Santri Baru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4814
Alfarizi, D. N., & Ikasari, I. H. (2023). Tinjauan Literatur Terhadap Pemanfaatan Cloud Computing. JURIHUM: Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 01(01), 148–154. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/jurihum
Aprida Ariyani, & Hartati, S. (2024). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 3(2), 25–34. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i1.13685
Hasan, S., Intang Sappaile, B., Widagdo, D., Rahayu, W., Sarumaha, Y. A., & Sutanto, A. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Masyarakat. Community Development Journal, 4(2), 2530–2534.
Judijanto, L., Yadi Heryadi, D., Sally, R., Sihombing, M., Gusti, Y. K., & Semmawi, R. (2024). Rekayasa Sosial Ekonomi: Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 223–229. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/24226
Khan, R. A., & Ali, A. (2023). Students’ Perceptions of EvalTools LMS: A Case Study. International Journal of Technologies in Learning, 30(1), 91–105. https://doi.org/10.18848/2327-0144/CGP/v30i01/91-105
Khusnu Alif, J., Azatil Isma, A., Aisyah Yope, S., & Harviani, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Media E-Learning Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13884–13892.
Lailatul fitriyah, wahibatul mas’ula. (2021). Progam Wali Asuh Dalam Meningkatkan Kualitas Kontrol Diri Santri Di Pondok Pesantren. Jurnal Islam Nusantara, 05(02), 1–12. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v5i2.286
Lumban Gaol, R., & Hutasoit, R. (2021). Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja yang Bertransformasi bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z dalam Era Digital. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 7(1), 146–172. https://doi.org/10.37196/kenosis.v1i1.284
McKenzie, B. (2023). Dungeons and dragons and digital writing: A case study of worldbuilding. Journal of University Teaching and Learning Practice, 20(2). https://doi.org/10.53761/1.20.02.10
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3/E (third). SAGE Publications.
Mundiri, A., Bali, M. M. E. I., Baharun, H., Holidi, M., Ervansyah, F., Abbas, A. R., Abdullah, D., & Erliana, C. I. (2021). Indigeneity and the Plight of Managing Behaviour; A Collaborative Instructional Model Based on Digital Classroom. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI), 12(4), 1655–1660.
Mundiri, A., Munawwaroh, I., Hadi, M. I., Baharun, H., Ja, W., Shudiq, F., & Maulidy, A. (2025). Artificial Intelligence ( AI ) Innovation in Education : From Data-Driven Learning to Automated Teaching. 2025 IEEE International Conference on Industry 4.0, Artificial Intelligence, and Communications Technology (IAICT), 173–180. https://doi.org/10.1109/IAICT65714.2025.11100623
Novita Sari, D., Rifqy Alfiyan, A., & Artikel, G. (2023). Peran Adaptasi Game (Gamifikasi) dalam Pembelajaran untuk Menguatkan Literasi Digital: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.30812/upgrade.v
Nugraha, A. C. (2022). Penerapan Teknologi Blockchain dalam Lingkungan Pendidikan. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 302–307. https://doi.org/10.35568/produktif.v4i1.386
Rachmatullah, N., Mukarromah, D., & Sutabri, T. (2023). Learning Management System Berbasis Cloud dalam Model Pembelajaran Blended Learning Pada Fakultas Saintek UIN Raden Fatah. Jurnal Fasilkom, 13(02), 132–137. https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5024
Ramke, J., Evans, J. R., Habtamu, E., Mwangi, N., Silva, J. C., Swenor, B. K., Congdon, N., Faal, H. B., Foster, A., Friedman, D. S., Gichuhi, S., Jonas, J. B., Khaw, P. T., Kyari, F., Murthy, G. V. S., Wang, N., Wong, T. Y., Wormald, R., Yusufu, M., … Sapkota, Y. (2022). Grand Challenges in global eye health: a global prioritisation process using Delphi method. The Lancet Healthy Longevity, 3(1), e31–e41. https://doi.org/10.1016/S2666-7568(21)00302-0
Richardson, P. E., & Wilson, S. (2024). Evaluating a women’s digital inclusion and storytelling initiative through the lens of empowerment. Digital Geography and Society, 7(June 2023), 100092. https://doi.org/10.1016/j.diggeo.2024.100092
Sodikin, S., Santoso, G., Permata, D., Guntur, M., & Juryati, J. (2024). Peningkatan Pemahaman Nilai Tempat pada Siswa Kelas 3 Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Interaktif. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 03(01), 35–52.
Tomalá De La Cruz, M. A., Mascaró Benites, E. M., Carrasco Cachinelli, C. G., & Aroni Caicedo, E. V. (2023). Incidencias de la inteligencia artificial en la educación. Recimundo, 7(2), 238–251. https://doi.org/10.26820/recimundo/7.(2).jun.2023.238-251
Vodianka, L. D., & Yurii, T. P. (2020). Digitalization and digital platform in the economic development of the agricultural sector. Ekonomika APK, 27(12), 67–73. https://doi.org/10.32317/2221-1055.202012067
Wasriyono, Apriliasari, D., & Bayu Ajie Putra Seno. (2022). Inovasi Pemanfaatan Blockchain dalam Meningkatkan Keamanan Kekayaan Intelektual Pendidikan. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(1), 68–76. https://doi.org/10.34306/mentari.v1i1.142