Adi, N. H., & Dkk. (2023). Model Pembelajaran Kejuruan. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Data Pendidikan Kemendikdasmen. (n.d.). Retrieved May 14, 2025, from https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=69929906
Effendy, M. H., Putikadyanto, A. P. A., & Ayuanita, K. (2022). Local Wisdom Bâburughân Beccè’in Madurese Proverb to Maintain Local Content Learning in Islamic Boarding School. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 284–298. https://doi.org/10.19105/tjpi.v17i2.7084.
Fauzian, R., Ramdani, P., & Yudiyanto, M. (2021). Penguatan moderasi beragama berbasis kearifan lokal dalam upaya membentuk sikap moderat siswa madrasah. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 6(1), 1–14. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan.
Harahap, S., Harahap, S., & Kahfi, R. (2024). Revitalizing Local Wisdom in Realizing Religious Moderation in Indonesia. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 8(2). DOI: 10.30762/ed.v8i2.4329.
Maulidi, A., Wardi, M., Mubarok, G., & Ahmad, A. (2022). Pendidikan Karakter Islami Dalam Tradisi Nyabis Masyarakat Madura. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2). DOI : 10.18860/jpai.v8i2.16936.
Muchlis Solichin, M. (2018). PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DALAM BINGKAI KEARIFAN LOKAL (Studi pada Pondok Pesantren Al-Amin Prenduan Sumenep Madura). Jurnal MUDARRISUNA, 8(1), 174–194. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i1.2950.
Mujib, A. (2022). Moderasi Pendidikan Islam di Indonesia. Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 24–32. DOI: https://doi.org/10.58569/jies.v1i1.430.
Mulyadi, A. (2015). MENEGUHKAN TRADISI PESANTREN DAN KEARIFAN LOKAL, MERAIH PERADABAN ISLAM NUSANTARA OLEH: H. ACHMAD MULYADI, M.AG. (WAKIL KETUA BIDANG AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN LEMBAGA). Retrieved May 14, 2025, from Institut Agama Islam Negeri Madura website: https://iainmadura.ac.id/berita/2015/10/meneguhkan-tradisi-pesantren-dan-kearifan-lokal-meraih-peradaban-islam-nusantara-oleh-h-achmad-mulyadi-m-ag-wakil-ketua-bidang-akademik-dan-pengembangan-lembaga-
Munawar, M., Kosasih, A., & Fakhruddin, A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Moderat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3413–3428. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.848.
Nasrullah, N. (2019). Islam Nusantara: Analisis Relasi Islam Dan Kearifan Lokal Budaya Madura. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 2(2), 274–297. https://core.ac.uk/download/pdf/231327647.pdf.
Profil SMKS AZ-HARUL ULUM. (n.d.). Retrieved May 14, 2025, from https://data-sekolah.zekolah.id/sekolah/smks-az-harul-ulum-119144
Qomariyah, N. (2023). The Concept of Cosmopolitan-Based Islamic Education in Madura. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 148–160. http://doi.org/10.19105/tjpi.v18i1.8417.
Saridudin, S., Rahim, H., Rosyada, D., Zuhdi, M., & Dahri, H. (2024). Strategies to Strengthen Vocational Education in Islamic Contexts: Preparing Madrasah Aliyah to Face the Challenges of Industry 4.0. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 22(3), 483–499. doi: 10.32729/edukasi.v22i3.1997.
Setiawan, N., Resavita, M., & Sasmita, L. A. (2024). The Impact of Islamic Values and Local Wisdom on Students’ Social Behavior: A Study at Pondok Pesantren Al-Fatimah, Bojonegoro. Indonesian Journal of Islamic Religion and Culture, 1(2). https://journal.iai-alfatimah.ac.id/index.php/ijirc/article/view/92.
Sodikin, A., & Maarif, M. A. (2021). Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Edukasi, 19(2), 188–203.
Solichin, M. M. (2018). Pendidikan Islam Moderat Dalam Bingkai Kearifan Lokal. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 174–194. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i1.2950.
Sujono, U., & Fathallah, Y. A. (2021). Memperkuat Islam Moderat Melalui Metode Pembelajaran Demokrasi di Madrasah Ibtidaiyah. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(2), 181–194. DOI: 10.15408/kordinat.v20i2.21273.
Suryadi, R. A. (2022a). Implementasi moderasi beragama dalam pendidikan agama islam. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 20(11), 12–26. https://www.stai-alazhary-cianjur.ac.id/Tugasdosen/Jurnal_8802580018_11062022224758_stai.pdf.
Suryadi, R. A. (2022b). Implementasi moderasi beragama dalam pendidikan agama islam. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 20(11), 12–26. https://www.stai-alazhary-cianjur.ac.id/Tugasdosen/Jurnal_8802580018_11062022224758_stai.pdf.
Takdir, M., Roibin, R., & Sumbulah, U. (2024). Religion, Local Wisdom, and Power of The Madurese Society: Islamic Perspective and Social Theory. El Harakah: Jurnal Budaya Islam, 26(1), 113–138. DOI: http://dx.doi.org/10.18860/eh.v26i1.25398.
Trisnowali, A., Awaluddin, A. F., Dwiyama, F., Alfian, M., Ilham, I., & Dilham, D. (2022). Al-Islam learning development on local wisdom based: Efforts to strengthen the concept of Indonesian students religious moderation. International Journal of Asian Education, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.46966/ijae.v3i1.281.
Wafa, A., & Nasrul Hadi, M. M. (2024). Seminar Konseling Pendidikan di Yayasan Mambaul Ulum Gunung Rancak Robatal Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 85–97. DOI: https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v4i2.7553.
Wahyudi, I., Dewi, I. O., Setiawan, N., Muria, R. M., Rohemah, R., Naila, I., & Maisaroh, S. (2024). The Émbu Tradition in Madura: Integration of Islamic Values and Local Wisdom in Trading. Indonesian Journal of Islamic Religion and Culture, 1(2). https://journal.iai-alfatimah.ac.id/index.php/ijirc/article/view/94.
Yanto, M., Raimuna, R., & Abidin, Z. (2024). Akulturasi Budaya Madura dalam Konteks Keagamaan Berbasis Sistem Islamic Education. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 147–157. DOI : 10.58518/darajat.v7i2.2857.
Zahrah, F., & Amaliyah, R. (2024). Local Wisdom Values and Religious Moderation in Islamic Boarding Schools. Dialog, 47(1), 93–104. DOI: https://doi.org/10.47655/dialog.v47i1.913.
Zhamroni, F., & Shohib, M. (2024). Konsep Islam Moderat dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam (Studi Pemikiran KH. Bisri Musthofa). Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 699–712. DOI: https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9576.