Pengaruh Metode Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun'im Paiton Probolinggo
AbstractPembelajaran daring menjadi pembelajaran alternatif ditengah Pandemi pada anak Sekolah Dasar untuk mata pelajaran IPS. Situasi ini membuat sebagian siswa merasa jenuh dikarenakan metode pembelajarannya monoton melalui metode ceramah dan beban tugas. Gurudituntut untuk dapat menguasai berbagaimacam platformpembelajaranyangtelah disediakandengan kapasitas untuk meningkatkan motivasi belajar dari siswa. Penelitian ini bertujuan mengkoneksikan pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas VI MI Nurul Mun'im. Metode yang digunakan adalah teknik analisis dataset pre eksperimen dengan menggunakan desain intact grup comperision. Data diambil pada kelas VI berjumlah 28 peserta didik dibagi 2 kelas yaitu kelas VI B dan VI C masing-masing berjumlah 14 peserta didik sebagai kelas kelompok kontrol dan eksperimen, dengan nilai Mean (nilai rata - rata) untuk klompok eksperimen dengan Mean (nilai rata - rata) 89.63 serta untuk kelompok kontrol 80.78, difference 8.85. Analisis dari Mann Whitney menghasilkan nilai dari p-valuue 0,00<0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran daring pada hasil dari proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kasimpulannya, ada perbedaan signifikan antara proses pembelajaran daring Google classroom dengan teknik pembelajara secara konvensional. Hasil penelitian ini memberikan manfaat serta masukan bagi guru MI Nurul Mun'in untuk mengimplemintasikan model pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dimana kususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
|
Keywords
Pembelajaran Daring; Pelajaran IPS; Hasil Belajar
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Feriska Listrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License