Sistem Informasi Pendataan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Berbasis Web di Jam'iyatul Qurra' Wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQH NU) Paiton Probolinggo
AbstractPengurus Anak Cabang Jam’iyatul Qurra’ Wal Huffadz (PAC JQH) Nahdlatul Ulama’ (NU) Paiton adalah banom NU yang menandatangani urusan yang berkaitan dengan Pendidikan Al-Qur’an baik dalam belajar, mengajar, menghafal, dan pengembangannya. Ada 65 Taman Pendidikan Ilmu Al-qur’an (TPQ) di bawah Kecamatan Paiton yang berada di bawah naungan PAC JQH NU. Akan tetapi, jumlah TPQ ini belum terdata dengan baik, sehingga ketika ada permintaan data untuk pendataan dari Kementerian Agama dan Kantor Wilayah PAC JQH NU mengumumkan kepada kepala-kepala TPQ di Kecamatan Paiton lewat media Whatsapp (WA) dan memberi form isian berupa excel untuk diisi dan dikirim kembali ke PAC JQH NU Paiton. Dengan metode penelitian kualitatif, penelitian ini akan mendapatkan data-data yang valid yang nantinya akan dijadikan bahan acuan dalam membuat sistem. Wujud dari sistem ini berbentuk DFD (Data Flow Diagram) berbasis aplikasi website, sehingga memudahkan pendataan data di PAC JQH NU Paiton. |
Keywords
Full Text:
References
Khalid, A., & Wahyudi, A. (1985). Kisah Walisongo Para Penyebar Agama Islam di Tanah Jawa. Surabaya: Karya Ilmu
Zulkifli. (1994). Sufism in Java: The Role of the Pesantren in the Maintenance of Sufism in Java. Master Thesis. Singapore: Australian National University.
Nur, I. M. (2001). Differing Responses to an Ahmadi Translation and Exegesis: The Holy Qur’an in Egypt and Indonesia. Journal of Archipel, 62(1), 143-161
Jasri, Moh., & Muzanni, A. (2015). Sistem Informasi Punishment And Reward Serta SMS Gateway di SMP. Nurul Jadid. Jurnal Teknologi Infomasi dan Terapan (J-TIT), Vol 2 No 2
10.33650/trilogi.v2i3.2212 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Moh Jasri, Yogi Angga Praditya Pratama, Syukron Khafi, Shancen Ammabiel, Muhammad Romdloni, Mohammad Akmalor Riski, Nurul Hidayatullah, Muhammad Hasan Andika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License