Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2785

Authors (s)


(1) * Salamah Eka Susanti   (Universitas Zainul Hasan, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Otak merupakan pusat kecerdasan manusia yang mengendalikan sistem syaraf dalam menangkap suatu pembelajaran. Pendidikan anak usia dini melalui pendekatan neurosains dapat dilaksanakan melalui macam metode, diantaranya dengan cara guru memberikan pendidikan dahulu dan harus memahami kinerja otak manusia. Selain itu juga memperhatikan kerja alamiah otak peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pentingnya memahami pendekatan neurosains bagi anak usia dini dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan intertektualitas dengan menekankan metode meaning of creatifity dan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dalam bentuk kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian iniyaitu sebagai berikut: 1) seorang guru PAUD perlu menerapkan pendekatan neurosains dalam pembelajaran untuk membantu guru dalam mencapai kompetensi bagi anak didiknya khususnya bagi anak usia dini; 2) strategi seoang guru PAUD menerapkan pendekatan neurosains dengan memahami tahapan-tahapan perkembangan pusat kecerdasan seperti halnya  seorang guru tidak hanya memberikan pengalaman saja, akan tetapi yang lebih utama difasilitasi dan distimulan untuk mengoptimalkan perkembangan kapasitas kecerdasan bagi anak didiknya.



Keywords

Pembelajaran; Anak Usia Dini; Neurosains



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 1585 times | PDF files viewed : 24336 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i1.2785


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Salamah Eka Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License