Pembuatan Buku Aplikasi Elektronik Ziarah Wali Songo Berbasis Mobile Computing

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.2817

Authors (s)


(1) * Bambang Bambang   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Rofiqi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  M. Kifliyanto   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  M. Luqman Hakim   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Mohammad Ali Makki   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Luthfi Fu’ady   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Fanny Brawijaya   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(8)  Mirza Alief Nurzahwa   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Walisongo ialah  para wali (muballigh) yang telah berjasa besar dalam penyebaran ajaran agama Islam kepada masyarakat di tanah Jawa. Cara berdakwa yang mereka lakukan dengan cara yang arif dan bijaksana membuat ajaran mereka cepat mendapat tempat di hati masyarakat tanah Jawa. Karena banyaknya peziarah yang melakukan ziarah secara terus-menerus, penyedia jasa perjalanan tour Wali Songo semakin meningkat. Namun banyak peziarah yang tidak mengetahui informasi tentang sejarah, tempat, adab dan bacaan-bacaan apa saja yang harus dibaca saat berkunjung ke makam wali. Hal ini dapat membuat kesan yang kurang tepat bagi warga sekitar situs makam Wali Songo terhadap para peziarah yang tidak melaksanakan tradisi yang ada.Atau dengan ini, solusi dari permasalahan diatas, peneliti merasa tertarik untuk membuat “Aplikasi Elektronik Ziarah Wali Songo Berbasis Mobile Computing”. Dengan tersedianya aplikasi tersebut para peziarah bisa terbantu dan mengetahui segala informasi tentang tata cara ziarah  Wali Songo.  Perubahan  ini terjadi diantaranya adalah berkat jasa para muballigh dan para wali. Walisongo secara umum yang berarti sembilan orang wali, sedangkan secara filosofis maksudnya sembilan orang yang telah mampu mencapai tingkat wali, Kata “wali” (Arab) antara lain berarti pembela, Bagi orang yang memiliki kesenangan melakukan ziarah ke tempat makam ulama, wali maupun makam tokoh sejarah yang telah memiliki pengaruh kuat di suatu daerah tersebut. Bahkan peziarah seperti ini melakukan ziarah secara terus-menerus dari suatu makam keramat ke makam keramat yang lainnya.Bacaan-bacaan dan adab apa saja yang harus dibaca saat berkunjung ke makam wali. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media informasi tentang ziarah wali songo. Menambah wawasan dan pengetahuan langsung tentang meningkatkan kemampuan dalam pembuatan aplikasi buku elektronik berbasis mobile computing ini. Memberikan informasi lengkap tentang apa saja yang harus dilakukan pada saat di wisata makam wali songo. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memberikan variasi dan kemudahan bagi pihak tour travel dalam peyampaian informasi selain dengan sekedar buku elektronik untuk peziarah sebagai desain system dengan Berbasis Mobile Computing menggunakan Bahasa pemograman  Android Studio. Hasil penelitian ini adalah Aplikasi Buku Elektronik Ziarah Wali Songo.


Keywords

Buku Elektronik; Walisongo; Mobile Computing



Full Text: PDF



References


Achmad ainul yaqin, A. R. (2017). IMPLEMENTASI METODE TERM FREQUENCY INVERSED DOCUMENT FREQUENCE (TF-IDF) DAN VECTOR SPACE MODEL PADA APLIKASI PEMBERKASAN SKRIPSI BERBASIS WEB. Vol. 9 No. 1 , 1-5.

Astrid A. A. Makiolor, A. A. (2017). Rancang Bangun Pencarian Rumah Sakit, Puskesmas dan Dokter Praktek Terdekat di Wilayah Manado Berbasis Android. Vol 10, No.1 , 1-10.

Bungin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Ciputra,. Volume 2, Nomor 2, , 1-8.

Harni Kusniyati, N. S. (2016). APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID. VOL. 9 NO. 1, , 1-10.

Juansyah, A. (2015). PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM (A-GPS)DENGAN PLATFORM ANDROIDJuansyah. Edisi. 1 Volume. 1 , 1-8.

Kholid, A. I. (2016). WALI SONGO: EKSISTENSI DAN PERANNYA DALAM ISLAMISASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MUNCULNYA TRADISI-TRADISI DI TANAH JAWA. TAMADDUN Vol. 4 Edisi 1 , 1-6.

M.Haris Qamaruzzaman, F. H. (2016). APLIKASI MOBILE PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID. Vol. 6, No. 1, , 1-12.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. VOL. 11 NO. 2 , 1-14.

Miftahul Khoiri, M. W. (2017). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS WALI SONGO BERBASIS ANDROID. J-TIIES Vol. 1 No.1 , 1-14.

Mulia Rahmayu & Rosi Kusuma Serli. (2018). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TOKOH DAN PENINGGALAN SEJARAH WALISONGO PADA SDS AULIA. JUSIM, Vol 3 No.1 , 1-9.

Nisa, K. (2016). GAME EDUKASI MENGENAL SEJARAH ISLAM PADA MASA WALISONGO BERBASIS MULTI PLATFORM. SURAKARTA: FAKULTAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH.

Sulihati, A. (2016). APLIKASI AKADEMIK ONLINE BERBASIS MOBILE ANDROID PADA UNIVERSITAS TAMA JAGAKARSA. Volume XI, Nomor 1 , 7-8.

Sultoni. (2016). NILAI-NILAI AJARAN TASAWUF WALISONGO, DAN PERKEMBANGANNYA DI NUSANTARA. Vol. 1 No. 2 , 1-4.

Sunarni, W. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ZIARAH KUBUR DI MAKAM JAKA TINGKIR DESA GEDONGAN KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN. SURAKARTA: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN.

Supriyadi, S. &. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web dengan Metode Waterfall. Vol.7 No.1 , 1-6.

Windiarti, E. (2016). PENGEMBANGAN BUKU SAKU PENGOLAHAN SEREALIA DAN KACANG-KACANGAN (DODOL, DONAT, SUSU KEDELAI) UNTUK SISWA SMK KELAS XII TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (TPHP). YOGYAKARTA: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI.


Article View

Abstract views : 321 times | PDF files viewed : 285 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.2817


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bambang Bambang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License