Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat di Desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.2838

Authors (s)


(1) * Deddy Junaedi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Lindawati Lindawati   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Alfiatun Alfiatun   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak perekonomian masyarakat desa Alassumur Lor setelah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data-data yang merupakan gambaran hasil pelaksanaan program PKH. Program Keluarga Harapan merupakan salah satu program pemberian bantuan sosial pada keluarga miskin yang rentan oleh Kementerian Sosial RI dengan berbagai syarat. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan PKH dalam meningkatkan taraf kesehatan desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo terdapat beberapa kendala, yaitu pendamping desa dalam melakukan perannya dengan baik, serta kurangnya kesadaran peserta PKH dalam melaksanakan komitmen sesuai dengan yang ditentukan. 2) Adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaan PKH dalam meningkatkan kesehatan masyarakat desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo, antara lain: dalam proses pemutakhiran data peserta PKH, proses penyelesaian pengaduan belum dapat diselesaikan oleh pendamping secara cepat, keterbatasan sumber daya pendambing. 3) Adanya upaya-upaya yang ditempuh dalam mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam pelaksanaan PKH desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo antara lain meningkatkan pertemuan dengan masyarakat untuk melakukan diskusi terkait penyelesaian masalah PKH, melakukan pendekatan dan pengawalan setiap pengaduan masyarakat, meningkatkan kerjasama dengan petugas kesehatan.



Keywords

Program Keluarga Harapan; Kesejahteraan Masyarakat



Full Text: PDF



References


BPS. 2020. Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2020. Berita Resmi Statistik.

Kartasasmita, G. 1996. Pembangunan untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Economic Development-Indonesia; Economic Policy; Economic Condition-1945.

Kementerian Sosial R.I. 2013. Pedoman Umum PKH (Program Keluarga Harapan). Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Press


Article View

Abstract views : 223 times | PDF files viewed : 241 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.2838


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Deddy Junaedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License