Strategi Pengelolaan Belanja Santriwati melalui E-Bekal di Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Hasyimiyah

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.2846

Authors (s)


(1) * Sofian Syaiful Rizal   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Hanifatul Qomariyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Fenti Nur Aisyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan belanja santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Hasyimiyah, aplikasi E-Bekal Santri atau Kartu Belajar Santri baru saja dikeluarkan Pondok Pesantren Nurul Jadid yang bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah dan PT TKI (Teknologi Kartu Indonesia). Dalam hal ini dapat membantu memudahkan Wali Santri untuk mengontrol keuangan santri dalam kesehariannya. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif berdasarkan observasi, interview. Adapun teknik datanya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Program E-Bekal dapat memudahkan Wali Santri untuk mengontrol keuangan santri 2) Dapat mengurangi kasus kehilangan uang (pencurian/hilang terselip) di PP. Nurul Jadid Wilayah Al-Hasyimiyah dalam hal ini peluncuran Program E-Bekal merupakan jawaban dari pihak pesantren atas masukan dari Wali Santri, disamping memberikan kemudahan untuk para Wali Santri. Program E-Bekal juga meminimalisir hal negative yang tidak di inginkan dalam pengelolaan belanja Santriwati di era milenial dengan penggunaan teknologi modern.

 

 


Keywords

Strategi Pengelolaan; Belanja Santriwati; Kartu E-Bekal



Full Text: PDF



References


Djumransjah, H. M. (2016). Pendidikan Pesantren dan Kemandirian Santri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 80-92.

Dzikrulloh, D. (2018). Optimalisasi Bisnis Pondok Peantren Dengan Elektronisasi Sistem Pembayaran Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkalan. Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 1-8.

Faizin, d. (2015). Profil Pondok Pesantren Nurul Jadid. Probolinggo: Pustaka Nurja.

Fatimah, S. &. (2019). TRANSFORMASI SISTEM PEMBAYARAN PESANTREN MELALUI E-MONEY DI ERA DIGITAL (Studi Pondok Pesantren Nurul Jadid). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 96-108.

Fatimah, S. &. (2019). TRANSFORMASI SISTEM PEMBAYARAN PESANTREN MELALUI E-MONEY DI ERA DIGITAL (Studi Pondok Pesantren Nurul Jadid). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 96-108.

Ghufron, M. I. (2021). KOSMARA: Konsep Pengembangan Ekonomi Pesantren dan Pengendalian Pola Perilaku Konsumtif Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 113-127.

Izza. (2021). “Input Data. Probolinggo: Pustaka Nurja.

Nadiyah, A. H. (2021). E-bekal E-BEKAL SEBAGAI MEDIA KONTROL BELANJA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL JADID. JATIM: Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen, 23-34.

Nadiyah, N. S. (2021). Pemahaman Aplikasi E-Bekal bagi Wali Asuh Santri sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Uang Belanja Santri di Pesantren. GUYUB: Journal of Community Engagement, 126-140.

Nahrawi, A. F. (2021). description E-Bekal. Probolinggo: Pustaka Nurja.

Rizal, S. S. (2021). Pelaksanaan Jaminan Fidusia Pada Pembiayaan Murabahah Di Bank Bni Syariah Kantor Cabang Probolinggo. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 10-20.

Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). EKSISTENSI UANG ELEKTRONIK SEBAGAI ALAT TRANSAKSI KEUANGAN MODERN. Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas, 21-39.

W.Asuh. (2021). processing. Probolinggo: Pustaka Nurja.

Yaqin, A. A. (2021). Pendampingan Ekonomi Pesantren Melalui Sentralisasi Transaksi Cost makan Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 83-88.


Article View

Abstract views : 303 times | PDF files viewed : 476 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.2846


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sofian Syaiful Rizal, Hanifatul Qomariyah, Fenti Nur Aisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License