Strategi Pengelolaan Belanja Santriwati melalui E-Bekal di Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Hasyimiyah

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.2846

Authors (s)


(1) * Sofian Syaiful Rizal   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Hanifatul Qomariyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Fenti Nur Aisyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan belanja santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Hasyimiyah, aplikasi E-Bekal Santri atau Kartu Belajar Santri baru saja dikeluarkan Pondok Pesantren Nurul Jadid yang bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah dan PT TKI (Teknologi Kartu Indonesia). Dalam hal ini dapat membantu memudahkan Wali Santri untuk mengontrol keuangan santri dalam kesehariannya. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif berdasarkan observasi, interview. Adapun teknik datanya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Program E-Bekal dapat memudahkan Wali Santri untuk mengontrol keuangan santri 2) Dapat mengurangi kasus kehilangan uang (pencurian/hilang terselip) di PP. Nurul Jadid Wilayah Al-Hasyimiyah dalam hal ini peluncuran Program E-Bekal merupakan jawaban dari pihak pesantren atas masukan dari Wali Santri, disamping memberikan kemudahan untuk para Wali Santri. Program E-Bekal juga meminimalisir hal negative yang tidak di inginkan dalam pengelolaan belanja Santriwati di era milenial dengan penggunaan teknologi modern.

 

 


Keywords

Strategi Pengelolaan; Belanja Santriwati; Kartu E-Bekal



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 0 times | PDF files viewed : 0 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.2846


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sofian Syaiful Rizal, Hanifatul Qomariyah, Fenti Nur Aisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License