STRATEGI MEMBANGUN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: Peran Humas di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v1i2.2861

Authors (s)


(1) * Fathor Rahman   (Sekolah Tinggi Agama Islam Istiqlal, Buleleng, Bali)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Humas dalam membangun citra dan cara yang ditempuh dalam mempromosikan SMP Nurul Jadid, media apa saja yang digunakan, hambatan apa saja, dan bagaimana solusi mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah Petugas Humas, Koordinator Humas, Petugas Promosi dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas dalam membangun citra dan mempromosikan SMP Nurul Jadid yaitu: 1) peran humas sebagai komunikator terhadap publik internal yaitu siswa, karyawan/staf, guru, dan kepala sekolah dilakukan melalui rapat resmi dan rapat koordinasi. Sedangkan publik eksternal yaitu orang tua wali murid, DU/DI, masyarakat, Depnaker dan PJTKI melalui rapat wali murid, rapat komite, kerjasama dengan DU/DI, serta kerjasama dengan Depnaker dan PJTKI, 2) peran humas sebagai pembina hubungan (relationship) yaitu menciptakan hubungan yang baik antar seluruh warga sekolah, masyarakat, DU/DI, Depnaker dan PJTKI. Hambatan humas yaitu, 1) kurangnya antusias masyarakat, 2) kurangnya kerjasama dengan instansi-instansi pemerintah, 3) Sulitnya mencari tempat prakerin, 4) terbatasnya anggaran atau dana. Upaya mengatasi hambatan yaitu: 1)  mengajak dan mengundang perwakilan masyarakat, 2) mencari dan menjalin kerjasama dengan instansi-instansi pemerintah dalam pelaksanaan prakerin, 3) menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat, 4) sopan santun serta ramah terhadap masyarakat.


Keywords

humas; citra lembaga; SMP Nurul Jadid



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 552 times | PDF files viewed : 512 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v1i2.2861


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fathor Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License