ISLAMIC STUDIES DALAM KONTEKS GLOBAL DAN PERKEMBANGANYA DI INDONESIA

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2863

Authors (s)


(1) * Muhammad Nadiddin Al Hanif   (Sekolah Tinggi Agama Islam Istiqlal, Buleleng, Bali)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas tentang kajian Islam dalam lintas sejarah dalam konteks global dan perkembangannya di Indonesia. Permasalahan mendasar dalam kajian ini adalah mengenai akar tradisi studi Islam pada lembaga pendidikan di Indonesia. Selain itu, tulisan ini juga bermaksud menelusuri pengaruh Barat terhadap studi Islam di Indonesia. Kajian dalam tulisan ini merupakan kajian pustaka dengan pendekatan historis. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Studi Islam tidak dapat dipisahkan dari Orientalisme dalam konteks sejarah dan termasuk sejarah agama Kristen, sebab secara realitas orientalisme lebih dekat dan bersinggungan langsung dengan program imperialisme khususnya di Asia dan Afrika, dan dalam kenyataannya banyak Negara Islam berada di bagian Timur belahan dunia. Di Indonesia, Studi Islam telah lama ada dan menjadi studi yang penting, dikarenakan telah menjadi kebutuhan bagi umat Islam terutama dalam konteks akademik seperti yang dipelajari di UIN, IAIN,  dan STAIN. Banyaknya intelektual muslim Indonesia yang studi di negara-negara Barat berimplikasi pada corak dan metode studi Islam di Indonesia.



Keywords

Studi Islam; Kontemporer; Barat; Orientalisme



Full Text: PDF



References


Abdullah, M. Amin., 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkonektif, Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Ali, A Mukti., 1988. Ilmu Perbandingan Agama di Indonesia, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press.

An-Naim, Abdullahi Ahmed., 2011. Dekonstruksi Syari’ah, Yogyakarta: LKiS.

Arkoun, Mohammed. 1994. Rethinking Islam Common Question Uncommon Answers, Colorado: Westview Press.

Geertz, Clifford. 2013. Agama Jawa, Abangan Santri Priyayi dalam Kebudayaan Jawa, Depok: Komunitas Bambu.

Hanafi, Hassan. 2003. Dari Akidah ke Revolusi, Jakarta: Paramadina.

Hourani, Abert. 1990. Europe and Midle East, London; The Macmillan Press.

Martin, Richard C. 1995. “Islamic Studies: History of The Field”, dalam The Oxford Encyclopedia of Modern Islamic World, Vol. 2 Oxford: Oxford University Press.

Mochtar, Affandi., Membedah Diskursus Pendidikan Islam, Jakarta: Kalimah, 2001.

Mudzhar, M. Atho. 1998. Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek, Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Muhaimin, dkk, 1994. Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Abditama.

Mukhlas, Moh. 2006. Urgensi Integrasi Sains dan Agama. Al-Tahrir, 6(1), Januari.

Murata, Sachiko. 2000. The Tao of Islam, Bandung; Mizan.

Muthohar, Ahmad. 2013. Urgensi Pendidikan Islam. Cendekia, 11(1).

Nasution, Harun. 1996. Pembaruan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan Jakarta; Bulan Bintang.

_____ , 1980.Teologi Islam. Aliran-Aliran Sejarah Analisa Perbandingan, Jakarta; UI Press.

_____ , 1995 Falsafat dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta; Bulan Bintang.

_____ , 1980. Islam ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, jilid 1 dan 2, Jakarta; UI Press.

Rasjidi, H.M., 1974. Empat Kuliyah Agama Islam Pada Perguruan Tinggi, Jakarta: Bulan Bintang.

Said, Edward W. 2010. Orientalisme, Menggungat Hegemoni Barat dan Menundukkan Timur Sebagai Subjek, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shimogaki, Kazuo. 2012. Kiri Islam antara Modernisme dan Post-Modernisme, Telaah Kritis Pemikiran Hassan Hanafi, Yogyakarta: LkiS.

Uman, Pemikiran Islam. 2013. Teosofi, 3(2) Desember.

Zaid, Nasr Hamid Abu., 2012. Teks Otoritas Kebenaran, Yogyakarta; Lkis.


Article View

Abstract views : 619 times | PDF files viewed : 1527 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i1.2863


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Nadiddin Al Hanif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License