Pendampingan Pengurus Organisasi Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Organisasi Siswa (OSIS) Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.2890

Authors (s)


(1) * Moh Rifai   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Jadwa An-Nazih   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Siti Romlah Hana Masfufah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Winda Wahyuni   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Hanifatur Rodiyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Wardatus Sholihah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Mulidatul Hasanah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(8)  Qurrota Aini   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengurus organisasi siswa yang terdiri dari siswa senior pada MANJ Paiton Probolinggo merupakan SDM yang cukup potensial. Penting untuk diberikan layanan pendampingan dalam rangka membantu mengimplementasi seluruh program pendidikan dan kualitas pendidikan madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sumber data didapatkan dari Kepala Madrasah, Pembina, dan pendamping OSIM MANJ (Purpose sampling) namun juga mempertimbangan perkembangan data sehingga tidak mengabaikan model snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, observasi, dan teknik wawancara, sedangkan teknis analisis datanya dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, mendisplay data, dan mengambil kesimpulan dikuatkan dengan trianggulasi sebagai Teknik keabsahan data yang kemudian dianalisis dengan teori Kamaruddin Sellang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan bagi pengurus organisasi dalam meningkatkan kualitas layanan organisasi adalah dengan cara identifikasi masalah dengan teknik survey lapangan dan dan FGD (Focus Group Discussion), implementasi analisis SWOT dengan teknik analisis SWOT dan telaah literatur, dan melakukan tindakan-tindakan kontributif. Adapun tindakan kontributif tersebut adalah pendampingan dalam penyusunan program kerja organisasi, pendampingan dalam dinamika dan sharing urusan keorganisasian, pendampingan dalam evaluasi kerja pengurus organisasi, pendampingan dalam kegiatan efektifitas kedisiplinan siswa dalam berbagai kegiatan, dan pelaksanaan mini workshop tentang kepemimpinan dan manajemen.



Keywords

pendampingan pengurus organisasi; peningkatan kualitas layanan organisasi; kepemimpinan dan manajemen



Full Text: PDF



References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Akhiruddin, K. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. Jurnal TARBIYA.

Brahmasari, I. A. (2009). Pengaruh Budaya Organisasi , Kepemimpinan Situasional dan Pola Komunikasi terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT Central Proteinaprima Tbk . 7, 64–65.

Husni, K., & Saebani, B. A. (2015). Manajemen Perubahan Sekolah.

Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3019

Joko, T. (2018). Implementasi manajemen organisasi siswa intra sekolah sebagai strategi dalam pengembangan kepemimpinan siswa smp negeri 2 sukadana. Jurnal Lentera Pusat LPPM UM Metro, 3(1), 71–86.

Lumintang, J. (2015). Dinamika Konflik dalam Organisasi. Acta Diurna, IV(2).

Munandar, D. R. (2019). MANAJEMEN PERUBAHAN ORGANISASI SEKOLAH LUAR BIASA. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).

Rifa’i, M, Diana, E., Saad, M., & ... (2021). Perencanaan Efektif Dalam Layanan Jasa: Studi Kasus Kbihu Nurul Haramain Probolinggo Jawa Timur. Indonesian Journal of …, 1(3), 136–141. http://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/75

Rifa’i, Moh. (n.d.). Kebijakan Pendidikan Islam Dalam era otonomi daerah. 99–114.

Rifa’i, Moh., & Kamila, D. M. (2021). Strategi Layanan dalam meningkatkan Kepuasan Jamaah Haji (Studi Kasus KBIHU Nurul Haramain Probolinggo). Haramain (Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Badri Mashduqi), 01(01), 1–11.

Sellang, K. (2019). - Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik - (Q. Media (ed.); 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., Yuwanti, S., & Magister. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu. Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107–115.

Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Memebentuk Karakter Siswa Di Smk Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61

Widodo, H. (2017). Manajemen perubahan budaya sekolah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 287–306.

Zainuddin, M., Syamsuadi, A., & Yahya, M. R. (2018). Peningkatan Eksistensi Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Se Kota Pekanbaru Melalui Konsep Manajemen Dan Kepemimpinan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.36341/jpm.v1i2.434

Zen, A. S. dan W. L. (2012). Manajemen Perubahan (Telaah KOnseptual, Filosopis dan Praksis Terhadap Kebutuhan Melakukan Perubahan dalam Organisasi) (p. 206).


Article View

Abstract views : 211 times | PDF files viewed : 328 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.2890


Data citation

ok

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh Rifai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License