Pengaruh Perilaku Perawat terhadap Kepuasan Klien di Paviliun Maskin Rumah Sakit Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3079

Authors (s)


(1)  Handono Fatkhur Rahman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2) * Ahmad Kholid Fauzi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Tutik Nurjannah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Raudatul Jannah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Miftahul Jannah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Winda Mardiana   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Uud Hulsiyatul Munawaroh   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perilaku peduli adalah sikap, rasa peduli, menghargai orang lain. ditingkatkanmutu asuhan keperawatan didukung oleh berkembangnya teori-teori keperawatan, salah satunya adalahteori menurut Jean Watson Caring Behavior, sehingga klien puas denganpelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh PerilakuCaring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Klien Dalam Asuhan Keperawatan di Ruang Paviliun Maskin RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasionaldengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang ada dipaviliun Maskin jumlah responden dan 17 pasien yang dirawat di paviliunLounge Maskin sejumlah 33 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam sampel penelitian inijumlah perawat menggunakan teknik “Total sampling” dan sampel pasien menggunakan“pengambilan sampel secara purposive”. Penelitian dilakukan pada bulan April 2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniPenelitian ini berupa kuesioner tingkat kepuasan responden terhadap observasi pasien dan perawatlembar untuk responden. Setelah data terkumpul meliputi pengumpulan data coding, editing dantabulasi, kemudian data dianalisis secara manual dan menggunakan uji statistik komputerWilxocon. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar perawat di ruangan paviliun melamar miskinperilaku peduli perilaku sebanyak 12 responden (70,6%), sebagian besar pasien dirawat dipaviliun miskin menyatakan sangat memuaskan sebanyak 27 responden (81,8%). BerdasarkanStatistik Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p value sebesar 0,000 dengan tingkat signifikansidari 0,05. Dengan demikian, nilai p lebih kecil dari (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 adalahditerima yang artinya ada Pengaruh Perilaku Caring terhadap Tingkat Kepuasan KlienPerawat Dalam Asuhan Keperawatan Di Ruang Paviliun Maskin RS Waluyo Jati KraksaanProbolinggo. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku caring perawat berpengaruh terhadaptingkat kepuasan klien dalam pelayanan asuhan keperawatan. Dengan menerapkan perilaku caring perawatdiharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada klien, sehingga klien merasa aman, nyaman danklien merasa puas dengan pelayanan kesehatan.


Keywords

perilaku asuhan keperawatan; kepuasan; asuhan keperawatan



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 293 times | PDF files viewed : 174 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.3079


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Handono Fatkhur Rahman, Ahmad Kholod Fauzi, Tutik Nurjannah, Raudatul Jannah, Miftahul Jannah, Winda Mardiana, Uud Hulsiyatul Munawaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License