Pengaruh Perilaku Perawat terhadap Kepuasan Klien di Paviliun Maskin Rumah Sakit Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo
AbstractPerilaku peduli adalah sikap, rasa peduli, menghargai orang lain. ditingkatkanmutu asuhan keperawatan didukung oleh berkembangnya teori-teori keperawatan, salah satunya adalahteori menurut Jean Watson Caring Behavior, sehingga klien puas denganpelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh PerilakuCaring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Klien Dalam Asuhan Keperawatan di Ruang Paviliun Maskin RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasionaldengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang ada dipaviliun Maskin jumlah responden dan 17 pasien yang dirawat di paviliunLounge Maskin sejumlah 33 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam sampel penelitian inijumlah perawat menggunakan teknik “Total sampling” dan sampel pasien menggunakan“pengambilan sampel secara purposive”. Penelitian dilakukan pada bulan April 2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniPenelitian ini berupa kuesioner tingkat kepuasan responden terhadap observasi pasien dan perawatlembar untuk responden. Setelah data terkumpul meliputi pengumpulan data coding, editing dantabulasi, kemudian data dianalisis secara manual dan menggunakan uji statistik komputerWilxocon. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar perawat di ruangan paviliun melamar miskinperilaku peduli perilaku sebanyak 12 responden (70,6%), sebagian besar pasien dirawat dipaviliun miskin menyatakan sangat memuaskan sebanyak 27 responden (81,8%). BerdasarkanStatistik Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p value sebesar 0,000 dengan tingkat signifikansidari 0,05. Dengan demikian, nilai p lebih kecil dari (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 adalahditerima yang artinya ada Pengaruh Perilaku Caring terhadap Tingkat Kepuasan KlienPerawat Dalam Asuhan Keperawatan Di Ruang Paviliun Maskin RS Waluyo Jati KraksaanProbolinggo. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku caring perawat berpengaruh terhadaptingkat kepuasan klien dalam pelayanan asuhan keperawatan. Dengan menerapkan perilaku caring perawatdiharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada klien, sehingga klien merasa aman, nyaman danklien merasa puas dengan pelayanan kesehatan.
|
Keywords
Full Text:
References
Alimul, H, Aziz. (2008). Riset Keperawatan Dan Teknik Penulisan ILmiah, Jakarta: Salemba Medika.
Anjaswarni,T.(2002). Analisis tingkat kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat di ruang rawat instalasi rawat inap RSUD Saiful Anwar Malang. Jakarta: FIKUI.
Arikunto, (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Christerisen, P.J & Kenney J. (2006). Nursing process aplication of conceptual models, 4th edition. St. Louis: The C.V. Mosby Company
George, Julia B. (2004). Nursing theories: the base for professional nursing practice, 4th edition. Connecticut: Apleton & Lange
Ismar,A. (2002). Perilaku caring perawat dan hubungannya dengan kepuasan klien di instalasi rawat inap bedah dewasa Rumah Sakit dokter Mohammad Hoesin. Jakarta. FIKUI.
Kotler, (2003). Manajemen Pemasaran, Edisi kesebelas,Jakarta, PT. Prenhallindo.
Kozier, B., Erb, G., Berman, A. J., & Snyder. (2004). Fundamentals of Nursing: Concepts, Process, and Practice. 7th Ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Natsir, J. E. (2008). Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Dan Faktor Yang Mempengaruhi. diakses tanggal 1 Juli 2013
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2008). Proses dan Dokumentasi Keperawatan : Konsep dan Praktek. Salemba Medika. Jakarta
Nuralam dan Siti Pariani. (2008). Metodologi Riset Keperawatan, Jakarta: Seagung Seto.
Potter, P. A. & Perry A. G. (2005). Fundamentals of Nursing : Concepts, Process, and Practice. 6th Ed. St. Luois, MI : Elsevier Mosby.
Potter & Perry, (2005). Fundamental of Nursing Fundamental keperawatan, Buku 1 Edisi 7, Editor Dripa sjabana, Salemba Medika, Jakarta.
Rahayu,S.(2001).Faktor-faktor yang berhubungan dengan sikap caring yang dipersepsikan oleh perawat pelaksana diruang rawat inap RSUP Persahabatan. Jakarta:FIKUI
Rubenfeld,M.G.&Barbara,K.S.(1999).Cri tical thingking in nursing: An Interactive Approach. (2nd edition).Philadelphia:Lippincott.
Setiadi. (2007). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Graha Ilmu, Yogyakarta
Supranto. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Termasuk Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja. Usahawan No. 05, Th. XXVI.
Supranto (2011). Menjaga Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit (Quality Assurance ); Persi, Jakarta.
Swanson, K. M. (2004). Nursing as informed caring for the well-being of other image: The Journal Of Nursing Scholarship. 25(4). 352-357).
Vance,T.(2007).Caringand the professional practice of nursing. Diakses pada tanggal 01 Juli 2013. Dari http://www.proguest.com/pqdweb.
Watson,J. (2004). Caring Science as Sacred Science. Philadelphia: FA Davis Company.
Watson,J. (2006). Assesing and measuring caring in nursing and health sciences: FA Davis Company.
10.33650/trilogi.v2i3.3079 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Handono Fatkhur Rahman, Ahmad Kholod Fauzi, Tutik Nurjannah, Raudatul Jannah, Miftahul Jannah, Winda Mardiana, Uud Hulsiyatul Munawaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License