Senjakala Media Cetak: Tantangan Jurnalisme Cetak di Era Digital

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3080

Authors (s)


(1) * Abu Khaer   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Nadiatul Khoir   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Yulis Arini Hidayati   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan media cetakjurnalistik di era digital. Perkembangan media onlinekini menjadi ancaman bagi surat kabar dan media cetak. Perkembangan internet yang pesat telah mendorong masyarakat untuk mengakses media online dengan mudah melalui handphone, atau gadget. Media cetak terancam terancam, dan pembaca setia media cetak cenderung beralih ke media online. Hasilmenunjukkan bahwa tantangan terbesar jurnalis di dunia digital. Era informasi identik dengan persaingan antarmedia mainstream dan media baru dalam hal ini media online. Pihak yang merasakan dampak signifikan dengan hadirnya online media adalah jurnalistik yang tentu saja sudah memiliki yang barusaluran untuk menyebarkan informasi dan berita.



Keywords

jurnalistik; media cetak; zaman digital



Full Text: PDF



References


Amar, M. D. (1984). Hukum Komunikasi Jurnalistik. Bandung: Alumni

Aw, S. (2010). Komunikasi Sosial Budaya. Cet Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. cet ke III. Jakarta: Balai Pustaka

Effendy, O. U. (1984). Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni

Kurniawan, J. (1991). Ensiklopedi Pers Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kurniawan, M. (2006). Jurnalisme Warga: Prospek dan Tantangannya. Sosial Humoniora. Vol. 11. No. 2.

Kusuma, S. (2016). Posisi Media Cetak Di Tengah Perkembangan Media Online Di Indonesia. Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi. Unika Atma Jaya. Vol.5. No.1.

McQuail, D. (2017). Teori Komunikasi Massa. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Airlangga

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Cet. Pertama. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia

Nurkinan. (2017). Dampak Media Online Terhadap Perkembangan Media Konvensional. Jurnal Politikom Indonesiana. Vol. 2 No. 2

Palapah. M.O, dan Syamsuddin, A. (1975). Studi Ilmu Publisistik. Bandung : Fakultas Publisistik UNPAD

Resmadi, I., dan Yuliar, S. (2014). Kajian Difusi Inovasi Konvergensi Media di Harian Pikiran Rakyat. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 13 No. 2

Suharyanto. A., Hidyat. T. W. (2018). Revealing Medan's Chinese Ethnic Identity in Advertising Grief at Harian Analisa Newspaper. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal). 1 (4); 83-92.

Wahyudin. (2016). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Makassar: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar


Article View

Abstract views : 1182 times | PDF files viewed : 3013 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.3080


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abu Khaer, Nadiatul Khoir, Yulis Arini Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License