Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Sosial selama Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3081

Authors (s)


(1) * Faizin Faizin   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Atikul Ansori   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Muhammad Fathul Amin   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menjelaskan secara faktual tentang pembelajaran menggunakan media online selama kuliah jarak jauh selama epidemi Covid 19. Beberapa siswa digunakan sebagai sumber informasi dengan menggunakan metode kualitatif dan teori behaviorisme serta kognitif. Pembelajaran Online Jarak Jauh dapat memanfaatkan sosial media pembelajaran online virtual melalui video conference, telekonferensi, secara berkelompok di media sosial. Media sosial adalah strategi untuk menghilangkan kebosanan atau stres dari belajar di rumah. Inimerupakan kondisi baru bagi dosen dan mahasiswa, maka peran dosen sangat dibutuhkan dalam mengelola atau mengelola pembelajaranmulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan evaluasi dalam rangka meningkatkan efektivitas belajar mengajar selama pandemi COVID-19.



Keywords

pembelajaran; media sosial; covid-19



Full Text: PDF



References


Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K., Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. (2015). Special aspects of distance learning in educational system. Anthropologist, 22(3), 449-454. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891900

Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19 . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5 No 1 Mei 2020. (Online): https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/111/99. DOI: 10.29303/jipp.v5i1.111

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon dosen: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kim, Y., Wang, Y., & Oh, J. (2016). Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking. https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0408

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. SAGE Publications.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01)

Silalahi, T. et al. (2020). The Application of Cooperative Learning Model during Online Learning in the Pandemic Period. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). P. 1683-1691.

Sitorus, H.V., et al (2019). The Effect of Learning Strategy and Thinking Ability on the Students’ Learning Outcomes in Economics Subject of XI Social Students in Senior High School State 1 in Pematang Siantar. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal. P. 451-460.

Zahrotunni’mah. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona COVID-19 di Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i Vol. 7 No. 3 (2020), pp.247-260, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i3.15103.


Article View

Abstract views : 163 times | PDF files viewed : 97 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v2i3.3081


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Faizin Faizin, Atikul Ansori, Muhammad Fathul Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License