Persepsi Santri Mengenai Nilai Edukatif pada Pemilahan Sampah Organik dan Non Organik di Nurul Jadid

Wiwin Warliah* -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Muliatin Ni'mah -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Nur Afif -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Nurul Maulidiyah -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Ika Devi -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Siti Nur Honifah -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Laili Fitriyah -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Isti'ana Isti'ana -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Nur Sakinah -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia

Penelitian ini ingin mengetahui persepsi santri terhadap nilai edukasi pemilahan sampah organik dan non organik yang dilaksanakan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat masih banyaknya santri yang belum memahami secara hakiki antara sampah organik dan non organik. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data yang dikumpulkan berupa kata dan gambar. Objek penelitian ini berasal dari santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para santri melakukan pemilahan sampah terlebih dahulu sebelum diangkut oleh  petugas TPS berdasar jenis sampah non organik dan organik. Sampah organik yang berasal dari dari rumput-rumput, sisa-sisa makanan atau sesuatu yang sifatnya mudah membusuk dan terurai dilainkan dalam kantong terpisah dengan sampah yang dihasilkan dari proses teknologi yang susah diurai seperti botol kemasan, atau kertas. Selain itu, perilaku dan sikap para santri telah mengalami perubahan yang disebabkan mereka telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru di dalam menjaga lingkungan kebersihan mereka.

Keywords : Santri, nilai edukasi, pemilahan sampah

  1. Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018), hlm 140-144
  2. Endang Sosilowati, “Nilai-nilai Edukasi dalam Iklan Televisi: Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Nutrilon Royal 3-Life is n Adventure”, Skripsi, IAIN Sunan Ampel, 2013,
  3. Griya Wardani, ”Nilai-nilai Pendidikan” dalam http://griyawardani.wordpress.com/2011/05/19/nilai-nilai-pendidikan
  4. Prof. Dr. H. Achmad Mubarok, MA., Psikologi Dakwah: membangun cara berfikir dan Merasa (Malang:Madani, 2014), 114.


TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Published by Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M)
Universitas Nurul Jadid, Karanganyar, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia 67291
Phone: 08231-800-79-53
Website: https://lp3m.unuja.ac.id/
Email: jurnal.trilogi@gmail.com

P-ISSN: 2774-4574 | E-ISSN: 2774-4582

This ejournal system and it's contents licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License