Persepsi Santri Mengenai Nilai Edukatif pada Pemilahan Sampah Organik dan Non Organik di Nurul Jadid
Authors (s)
(1) * Wiwin Warliah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Muliatin Ni'mah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Nur Afif   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Nurul Maulidiyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Ika Devi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Siti Nur Honifah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Laili Fitriyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(8)  Isti'ana Isti'ana   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(9)  Nur Sakinah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian ini ingin mengetahui persepsi santri terhadap nilai edukasi pemilahan sampah organik dan non organik yang dilaksanakan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat masih banyaknya santri yang belum memahami secara hakiki antara sampah organik dan non organik. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data yang dikumpulkan berupa kata dan gambar. Objek penelitian ini berasal dari santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para santri melakukan pemilahan sampah terlebih dahulu sebelum diangkut oleh petugas TPS berdasar jenis sampah non organik dan organik. Sampah organik yang berasal dari dari rumput-rumput, sisa-sisa makanan atau sesuatu yang sifatnya mudah membusuk dan terurai dilainkan dalam kantong terpisah dengan sampah yang dihasilkan dari proses teknologi yang susah diurai seperti botol kemasan, atau kertas. Selain itu, perilaku dan sikap para santri telah mengalami perubahan yang disebabkan mereka telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru di dalam menjaga lingkungan kebersihan mereka. |
Keywords
References
Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018), hlm 140-144
Endang Sosilowati, “Nilai-nilai Edukasi dalam Iklan Televisi: Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Nutrilon Royal 3-Life is n Adventure”, Skripsi, IAIN Sunan Ampel, 2013,
Griya Wardani, ”Nilai-nilai Pendidikan” dalam http://griyawardani.wordpress.com/2011/05/19/nilai-nilai-pendidikan
Prof. Dr. H. Achmad Mubarok, MA., Psikologi Dakwah: membangun cara berfikir dan Merasa (Malang:Madani, 2014), 114.
Article View
Abstract views : 252 times | PDF files viewed : 156 times10.33650/trilogi.v3i1.3596 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Wiwin Warliah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License