Aplikasi Go-Qur’an Berbasis Web dan android

Moh. Ainol Yaqin* -  Universitas Nurul Jadid, Indonesia

Supp. File(s): Research Results
Hubungan komunikasi antara pihak masyarakat dengan para Ahlu Al-Qur’an yang mengisi suatu kegiatan sangat penting adanya. Akan tetapi masalah yang sering dihadapi pihak masyarakat dalam setiap menghadirkan para Ahlu Al-Qur’an adalah sedikitnya informasi keberadaan para Ahlu Al-Qur’an serta lemahnya komunikasi antara pihak masyarakat dan Ahlu Al-Qur’an itu sendiri. Untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya maka diperlukan sebuah solusi dalam bentuk pembuatan aplikasi berbasis website dan android untuk bisa menjadi alat komunikasi antara pihak masyarakat dan Ahlu Al-Qur’an. Model yang digunakan untuk untuk membangun aplikasi ini adalah waterfall. Model waterfall memiliki beberapa tahapan yaitu System Engineering, Requirements, Design, Coding, Testing dan Maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem atau aplikasi yang mampu memberikan kemudahan dalam berkomunikasi antara pihak masyarakat dan Ahlu Al-Qur’an secara cepat dan akurat.

Supplement Files

Keywords : Application; Go-Qur'an; Web; Android

  1. Arief, M. R. (2011). Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP Dan MySQL. Yogyakarta: Andi.
  2. Fathansyah. (2011). Basis Data. Bandung: Informatika.
  3. Hermawan S, S. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Offset.
  4. Indrajani. (2015). Database Design (Case Study All in One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  5. Kristanto, A. (2014). “Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya.” In Yogyakarta: Gava Media.
  6. M. K. Al-Qattan. (2013). Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. (M. AS, Penerj.). Bogor: Pustaka Litera AntarNusa.
  7. Noviansyah, E. (2015). Aplikasi Website Museum Nasional Menggunakan Macromedia Dreamweaver MX. Jakarta: STIK.
  8. Oxford. (2011). Oxford Learner’s Pocket Dictionary. xford University Press.
  9. Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.
  10. Studio, Android. (2018). “Mengenal Android Studio.” https://developer.android.com/studio/intro/index.html.
  11. Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
  12. Susanto, R. (2016). “Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi.” Majalah Ilmiah UNIKOM: 4.


TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Published by Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M)
Universitas Nurul Jadid, Karanganyar, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia 67291
Phone: 08231-800-79-53
Website: https://lp3m.unuja.ac.id/
Email: jurnal.trilogi@gmail.com

P-ISSN: 2774-4574 | E-ISSN: 2774-4582

This ejournal system and it's contents licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License