Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus Tahun Pelajaran 2020/2021

Miarsi Miarsi* -  , Indonesia

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri Asembagus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan pendekatan pembelajaran saintifik. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan; perencanaan, tindakan, pengamatan dan penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus-1 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 68,00 dan nilai tertinggi 96,00, (2) rata-rata kelas  82,22, dan (3) peserta didik yang tuntas 83,33% dan  yang tidak tuntas 13,89%. Aspek keterampilan sebagai berikut: (1) nilai terendah 58,00 dan nilai tertinggi 92,00, (2) rata-rata kelas  79,08, dan (3) peserta didik yang tuntas 83,33%, dan  yang tidak tuntas 13,89%. Hasil penelitian pada siklus-2 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 68,00 dan nilai tertinggi 96,00, (2) rata-rata kelas  84,00, dan (3) peserta didik yang tuntas 94,44% dan  yang tidak tuntas 5,56%. Aspek keterampilan sebagai berikut : (1) nilai terendah 58,00 dan nilai tertinggi 92,00, (2) rata-rata kelas  81,56, dan (3) peserta didik yang tuntas 91,67% dan  yang tidak tuntas 8,33%. Berdasarkan hasil analisis belajar tersebut, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran saintifik  dapat meningkatkan hasil belajar belajar matematika peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

 

Keywords : model pembelajaran saintifik, hasil belajar

  1. Bermawi, Yoserizal dan Tati Fauziah. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol. 2 No.4, April 2016, ISSN: 2337-9227
  2. Budiyanto, Moch. Agus Krisna,dkk. 2016.Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016
  3. Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Gava Media
  4. Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional
  5. Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
  6. Sumayasa, I Nyoman, AAIN Marhaeni, Nyoman Dantes. 2015. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem. e-ournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 5 Tahun 2015)
  7. Sunarti & Selly Rahmawati. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013: Membantu Guru Dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset
  8. Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
  9. Supatmono. Catur. 2002. Matematika Asyik. Grasindo. Jakarta.
  10. Uno, Hamzah B. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
  11. Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara


TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Published by Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M)
Universitas Nurul Jadid, Karanganyar, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia 67291
Phone: 08231-800-79-53
Website: https://lp3m.unuja.ac.id/
Email: jurnal.trilogi@gmail.com

P-ISSN: 2774-4574 | E-ISSN: 2774-4582

This ejournal system and it's contents licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License