Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus Tahun Pelajaran 2020/2021
Authors (s)
(1) * Miarsi Miarsi   ()  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri Asembagus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan pendekatan pembelajaran saintifik. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan; perencanaan, tindakan, pengamatan dan penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus-1 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 68,00 dan nilai tertinggi 96,00, (2) rata-rata kelas 82,22, dan (3) peserta didik yang tuntas 83,33% dan yang tidak tuntas 13,89%. Aspek keterampilan sebagai berikut: (1) nilai terendah 58,00 dan nilai tertinggi 92,00, (2) rata-rata kelas 79,08, dan (3) peserta didik yang tuntas 83,33%, dan yang tidak tuntas 13,89%. Hasil penelitian pada siklus-2 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 68,00 dan nilai tertinggi 96,00, (2) rata-rata kelas 84,00, dan (3) peserta didik yang tuntas 94,44% dan yang tidak tuntas 5,56%. Aspek keterampilan sebagai berikut : (1) nilai terendah 58,00 dan nilai tertinggi 92,00, (2) rata-rata kelas 81,56, dan (3) peserta didik yang tuntas 91,67% dan yang tidak tuntas 8,33%. Berdasarkan hasil analisis belajar tersebut, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar belajar matematika peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
|
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 122 times | PDF files viewed : 79 times10.33650/trilogi.v3i2.3888 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 miarsi miarsi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License