Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus Tahun Pelajaran 2020/2021

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i2.3888

Authors (s)


(1) * Miarsi Miarsi   ()  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri Asembagus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan pendekatan pembelajaran saintifik. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan; perencanaan, tindakan, pengamatan dan penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus-1 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 68,00 dan nilai tertinggi 96,00, (2) rata-rata kelas  82,22, dan (3) peserta didik yang tuntas 83,33% dan  yang tidak tuntas 13,89%. Aspek keterampilan sebagai berikut: (1) nilai terendah 58,00 dan nilai tertinggi 92,00, (2) rata-rata kelas  79,08, dan (3) peserta didik yang tuntas 83,33%, dan  yang tidak tuntas 13,89%. Hasil penelitian pada siklus-2 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 68,00 dan nilai tertinggi 96,00, (2) rata-rata kelas  84,00, dan (3) peserta didik yang tuntas 94,44% dan  yang tidak tuntas 5,56%. Aspek keterampilan sebagai berikut : (1) nilai terendah 58,00 dan nilai tertinggi 92,00, (2) rata-rata kelas  81,56, dan (3) peserta didik yang tuntas 91,67% dan  yang tidak tuntas 8,33%. Berdasarkan hasil analisis belajar tersebut, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran saintifik  dapat meningkatkan hasil belajar belajar matematika peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

 



Keywords

model pembelajaran saintifik, hasil belajar



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 122 times | PDF files viewed : 79 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i2.3888


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 miarsi miarsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License