Optimalisasi Jaringan Internet pada Madrasah Ibitidaiyah Al-Azhar

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i2.4141

Authors (s)


(1) * Syaiful Syaiful   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Aldino Marga Pratama   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Ahmad As’ad   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Alvin Arief Setiawan   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Ahmad Saifur Rosi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak. Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, secara perlahan membutuhkan teknologi yang melibatkan jaringan komputer lokal tanpa kabel (wireless). Perkembangan tidak berhenti sampai disitu, berbagai ide dan teknik baru bermunculan untuk mempermudah penggunaan sistem pada internet. Sehingga penggunanya tidak hanya terbatas pada sistem kabel saja, akan tetapi berkembang menjadi sebuah jaringan nirkabel yang dapat diakses oleh seluruh pengguna yang membutuhkan akses internet. Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Karangren memiliki infrastruktur jaringan nirkabel untuk memenuhi kebutuhan akses internet baik untuk karyawan, staf pengajar, maupun untuk siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisa jaringan wireless yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Karangren tersebut. Permasalahan yang terdapat pada sistem jaringan Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Karangren yaitu kurangnya sistem manajemen jaringan yang meliputi bandwidth management dan pembagian hak akses situs antara client staf pengajar dan client siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan jaringan wireless dengan melakukan penambahan perangkat Router Mikrotik studi kasus Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Karangren. Dengan menggunakan metode action research. Kesimpulan yang didapat adalah mengoptimalkan sistem jaringan yang ada dengan Router Mikrotik, dengan melakukan pengubahan sistem manajemen jaringan dengan lebih kompleks dan optimal, baik dari segi firewall maupun bandwidth untuk client/host pada jaringan komputer yang ada pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Karangren.



Keywords

Teknologi; Jaringan Wireless; Mikrotik; Optimalisasi; Bandwidth



Full Text: PDF



References


Ardiansa, G. F. E., Primananda, R., & Hanafi, M. H. (2017). Manajemen Bandwidth dan Manajemen Pengguna pada Jaringan Wireless Mesh Network dengan Mikrotik. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Avison, D. E., Lau, F., Myers, M. D., & Nielsen, P. A. (1999). Action research. Communications of the ACM, 42(1), 94–97.

Aziz, R., Fitriyani, P. D., Handayani, R., & Romantika, T. T. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Guna Meningkatkan Perekonomian Melalui Ketahanan Swasembada Pangan Di Desa Kertayasa. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(16), 166–178.

Doni, F. R. (2014). Optimalisasi Jaringan Wireless Dengan Router Mikrotik Studi Kasus Kampus Bsi Tangerang. EVOLUSI: Jurnal Sains Dan Manajemen, 2(1).

Ikhsanto, M. N., & Nugroho, H. W. (2015). Analisis Performa Dan Desain Jaringan Komputer Menggunakan Top-Down Network Desain Studi Kasus Pada Cv. Merah Putih. Jurnal Teknologi Informasi Magister, 1(01), 69–82.

Pamungkas, C. A. (2016). Manajemen bandwith menggunakan mikrotik routerboard di politeknik indonusa surakarta. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 17–22.

Permadi, F. A. (2019). Optimalisasi Jaringan Internet Hotspot Menggunakan User Manajemen Pada Pusat Pengembangan SDM Asuransi Indonesia. Jurnal Infortech, 1(2), 59–67.

Purwaningrum, F. A., Darmadi, E. A., & Purwanto, A. (2018). Optimalisasi jaringan menggunakan firewall. Ikraith-Informatika, 2(3), 17–23.

Purwanto, P., Kusrini, K., & Huizen, R. R. (2016). Manajemen Jaringan Internet Sekolah Menggunakan Router Mikrotik Dan Proxy Server. Respati, 11(32).

Saniya, Y., WA, P., & Ambarwati, R. (2013). Sistem Manajemen Bandwidth dengan Prioritas Alamat IP Client. Jurnal Penelitian, Juli.

Umam, M. K., Handoko, L. B., & Kom, M. (2015). Analisis Kinerja Jaringan WLAN Menggunakan Metode Action Research pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan informasi kabupaten pemalang. Program Studi Teknik Informatika S, 1.


Article View

Abstract views : 324 times | PDF files viewed : 256 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i2.4141


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syaiful Syaiful

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License