Sistem Informasi Berbasis Web pada Pelanggaran Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid

Ahmad Khairi* -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Jovi Iawan -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Ahmad Hasanuddin Fibrian -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Achmad Nasruddin Sholeh -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Washil Khoiril Tio Pratama -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Ahmad Taufiq Ali Usman Efendi -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Zainurrahman Zainurrahman -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
Muhammad Ikbal -  Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia

Sistem informasi pelanggaran santri adalah suatu sistem informasi yang memfasilitasi organisasi untuk mengelola data pelanggaran pada Bidang Keamanan dan Ketertiban Pondok Pesantren Nurul Jadid, sehingga  dapat membantu menyelesaikan kegiatan di bidang Keamanan terutama untuk proses pendataan pelanggaran secara cepat. Tujuan terwujudnya Sistem Informasi Pelanggaran Santri Pada Bidang Keamanan dan Ketertiban Pondok Pesantren Nurul Jadid berbasis web untuk mendukung penyajian informasi dalam proses pengambilan keputusan oleh bagian Mahkamah Pesantren. metode yang di gunakam ialah model waterfall, Dalam pengembangannya metode Waterfall memiliki beberapa tahapan yang berurutan : analisis, desain dan pengkodingan. untuk analisis dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara, survey langsung di Bidang Keamanan dan Ketertiban dengan cara mewawancarai orang-orang terkait untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan. sedangkan untuk desain dan pengkodingan, yaitu membuat implementasi sistem informasi Pelanggaran Santri. Hasil akhir Dalam penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi sistem informasi Pelanggaran Santri Pada Bidang Keamanan dan Ketertiban Pondok Pesantren Nurul

Keywords : Pelanggaran; Santri; Web; Nurul Jadid

  1. Wahyudi1, R., & Rhinaldi2, K. (2018). Aplikasi Pembayaran Administrasi Santri. Diterbitkan Oleh Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Sumbar, 18-21.
  2. Apiati1, V., Muslim, S. R., Herawati, L., & Natalliasari4, I. (2019). Sosialisasi Sidasa (Sistem Pendataan Santri) Untuk Membantu Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong Tasikmalaya Dalam Mencatat Data Santri. Jurnal Pengabdian Siliwangi P-ISSN 2477-6629 Volume 5, Nomor 1, Tahun 2019 E-ISSN 2615-4773, 73-76.Simangunsong, A. (2018). Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web. Jurnal Mantik Penusa, Vol.2, No.1, 11-19.
  3. Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem informasi penjadwalan dokter berbasis web dengan menggunakan framework codeIgniter (Studi kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal TEKNOINFO, Vol. 11, No. 2,, 30-37.
  4. Gumilar, S. K., Muhammad, W., & Suryatiningsih. (2017). Aplikasi berbasis web pengelolaan keuangan sekolah (Studi kasus: MA Persis Tarogong Garut). e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2, ISSN : 2442-5826, 661-674.
  5. mutiana, l., diantimala, y., & zuraida. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern, Teknologi Informasi, Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Pada Satker Di Lingkungan Kementrian Agama Kabupaten Aceh Utara). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, Volume 3 Nomor 2, September 2017 ISSN. 2502-6976, 151-167.


TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Published by Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M)
Universitas Nurul Jadid, Karanganyar, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia 67291
Phone: 08231-800-79-53
Website: https://lp3m.unuja.ac.id/
Email: jurnal.trilogi@gmail.com

P-ISSN: 2774-4574 | E-ISSN: 2774-4582

This ejournal system and it's contents licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License