Manajemen Pembinaan Bakat dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Miftahul Ulum Pakuniran Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4564

Authors (s)


(1) * Moh Rifai   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Asy’ari Asy’ari   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Moh Yusni Fatoni   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan prestasi siswa tidak dapat dipandang sebelah mata. Efek dari prestasi siswa tersebut dapat berkontribusi terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Sekian banyak lembaga pendidikan berusaha guna meningkatkan layanan ini sehingga dapat mencetak calon-calon lulusan yang beprestasi. Lembaga pendidikan perlu melakukan manajemen pengembangan bakat yang berkualitas untuk mewujudkan harapan besar masyarakat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan manajemen pengembangan bakat pada siswa yang dapat berimplikasi terhadap peningkatan prestasi siswa dengan menggunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam, observasi secara partisipan, dan dengan Teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan adalah model Miles dan Huberman dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dengan uji keabsahan data melalui kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini antara lain; a. Melakukan organizing dengan melakukan pembentukan lembaga dan SDM khusus yaitu LPK sehingga layanan yang ditawarkan kepada masyarakat benar-benar terlayani dengan efektif dan efisien; b. Melakukan actuating dengan melakukan pelibatan SDM profesional dalam mewujudkan peningkatan prestasi yang realistis bagi siswa yang memiliki bakat dalam retorika; c. Melakukan actuating dengan melakukan jalinan kerjasama lembaga pendidikan Islam dengan lembaga yang lebih tinggi dengan mendatangkan Mahasiswa dan Dosen MPI yang bersifat win-win solution.



Keywords

Manajemen; Pembinaan Bakat; Prestasi Siswa



Full Text: PDF



References


Amiri, N. Al, Rahim, R. E. A., & Ahmed, G. (2020). Leadership styles and organizational knowledge management activities: A systematic review. Gadjah Mada International Journal of Business, 22(3), 250–275. https://doi.org/10.22146/gamaijb.49903

Berger, L. A., & Berger, D. R. (2003). The talent management handbook: creating organizational excellence by identifying, developing, and promoting your best people.

Brahmasari, I. A., & Siregar, P. (2008). Pengaruh Budaya Organisai, Kepemimpinan Situasional dan Pola Komunikasi terhadap Disiplin Kerja dan kinerja karyawan pada PT. Central Proteinaprima Tbk. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(1), 238–250.

Rifa’i, Moh., A. (2018). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BERORIENTASI PADA PEMBENTUKAN KARAKTER. Trilogi, 2(2), 1–26.

Rifa’i, M. (2022). Community Empowerment ini Islamic Boarding School: Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Triyanto, D. (2017). Analisis Kinerja Organisasi Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat. MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 6(4), 6. https://doi.org/10.32663/jpsp.v6i4.236

Tumatul Ainin, D., Amaliyah, Y., Rifa’i, M., Suhartatik, Laila, N., & Fitriani, A. (2021). Using Information Technology; Efforts in Overcoming Student Learning Difficulties. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012071

Abidin, Z., & Nasirudin, N. (2021). Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 119–134. https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.50

Adamsen, B., & Swailes, S. (2018). Managing talent: Understanding critical perspectives. In Managing Talent: Understanding Critical Perspectives. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95201-7

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Berger, L. A., & Berger, D. R. (2003). The talent management handbook: creating organizational excellence by identifying, developing, and promoting your best people.

Masrul, Muhammad, Moh. Rifa’i, M. H. (n.d.). Membongkar Rahasia Sukses Siswa Berprestasi (Seri Manajemen Peserta Didik). Masrul, M. & M. R. (n.d.). Penelitian Tindakan Madrasah: Strategi Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan di Madrasah (Seri Manajemen Pendidikan Islam).

Merlevede, P. (n.d.). Talent Management: A Focus on Excellence Managing Human Resources in a Knowledge Economy.

Rifa’i, M. (2022). Community Empowerment ini Islamic Boarding School: Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Rifa’i, M., & Kamila, D. M. (2021). Strategi Layanan dalam meningkatkan Kepuasan Jamaah Haji (Studi Kasus KBIHU Nurul Haramain Probolinggo). Haramain (Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Badri Mashduqi), 01(01), 1–11.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).


Article View

Abstract views : 118 times | PDF files viewed : 59 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i3.4564


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Moh Rifai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License