Program Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Kesehatan Reproduksi Remaja

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4626

Authors (s)


(1) * Sri Astutik Andayani   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Nisa'ul Karimah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Rina Ika Rahayu   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Choirun Nisak   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan remaja berkaitan dengan Kesehatan reproduksi dari pemahaman mengenai perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi, proses reproduksi, serta dampak perilaku yang tidak bertanggungjawab. Pada beberapa daerah khususnya di Pesantren banyak remaja yang tidak mendapatkan informasi tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi secara cukup dan benar. Sehingga, diperlukan terobosan baru sebagai langkah untuk memudahkan remaja mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi dengan menggunakan buku saku.  Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh promosi kesehatan dengan media buku saku terhadap pengetahuan dan sikap remaja di pondok pesantren. Metode: Rancangan penelitian pre-experimental dengan pendekatan one-group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja awal dengan jumlah sampel 20 partisipan. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Didapatkan pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dengan p-value 0,000 <0,05. Simpulan: Ada pengaruh promosi kesehatan dengan media buku saku terhadap pengetahuan dan sikap remaja



Keywords

Buku Saku; Promosi Kesehatan; Remaja; Kesehatan Reproduksi



Full Text: PDF



References


Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 124-144

Eliana, D., & Sholikhah. (2012). Pengaruh Buku Saku Gizi Ter-hadap Tingkat Pengetahuan Gizi Pada Anak Kelas 5 Muhammadiyah Dadapan Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 6, Tahun 2012, Halaman 162-232.

Evrianasari. N, Dwijayanti. J. (2017). Pengaruh Buku Saku Kesehatan Reproduksi Dan Seksual Bagi Catin Terhadap Pengetahuan Catin Tentang Reproduksi Dan Seksual Di Kantor Urusan Agama (Kua) Tanjung Karang Pusat Tahun 2017. Jurnal Kebidanan Vol 3, No 4, Oktober 2017: 211-216

Rohmatika. D, Prasyoningsih. A, Rumiyati. E. 2021. Pengaruh Pendidikan Kesehatan DenganMetode Pemberian BukuSaku PERKASA (Persiapan Keluarga Sehat) Terhadap Kesiapan CalonPengantin). Jurnal Kebidanan Indonesia, Vol 12 No 1. Januari 2021 (24 - 33)

Notoatmodjo, S. (2014). IPKJRC (2015). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Biomass Chem Eng

Merdhika, W.A., Mardji, R.M., & Devi, M. (2014). Pengaruh penyuluhan asi eksklusif terhadap pengetahuan ibu tentang asi eksklusif dan sikap ibu menyusui di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Jurnal Teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya. Vol 37, No 1 (2014)

Mulidah. S. Asrin, Sukrilah. UA. (2020). Penatalaksanaan Diabetes Mellitus (DM)


Article View

Abstract views : 180 times | PDF files viewed : 111 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i3.4626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Astutik Andayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License