Supervisi Klinis Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4730

Authors (s)


(1) * Muhammad Hasyim Asy’ari   (Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto)  
        Indonesia
(2)  Ainur Rofiq   (Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Supervisi merupakan pelayanan kepada guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan instruksional, belajar dan kurikulum, supervisi diartikan sebagai bantuan, pengarahan,bimbingan kepada guru dalam bidang instruksional, belajar dan kurikulum. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana perencanaan supervisi klinis kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo, 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja di di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo, 3) Bagaimana kinerja guru setelah dilaksanaan supervisi klinis di di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo. Metode penelitian dalam tesis ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dapat menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Program supervisi klinis di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo sudah dilaksanakan dengan baik, kepala sekolah membuat rencana, menyusunan program dan menjalankan program supervisi klinis. Program yang direncanakan kepala sekolah dalam melakukan supervisi klinis itu ada perminggu, perbulan dan persemester. Supervisi klinis yang ditelah dilaksanakan oleh kepala sekolah di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo sangat memberikan keuntungan kepada guru-guru, sehingga guru mengetahui akan kelemahan dan kekurangannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. 2) Pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo mencakup keterampilan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, mengelola dan melaksanakan pembelajaran serta melakukan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan supervisi klinis sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur sebagaimana mestinya yaitu melalui persiapan awal, pertemuan awal, proses supervisi dan pertemuan balikan. 3) Kinerja guru setelah dilaksanakan supervisi klinis oleh kepala sekolah mengalami peningkatan yang signifikan dari kriteria kinerja kurang menjadi baik.



Keywords

Supervisi Klinis,; Kinerja Guru; Kepala Sekolah



Full Text: PDF



References


Anwar Sewang & Mustafa T. (2020). Peningkatan Teacher Skills melalui Supervisi Klinis dengan Pendekatan Kooperatif Learning. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(1), 49–68. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i1.913

Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.624

Bahjatulloh, Q. M. (2016). PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN FILANTROPI (Studi Kasus Lembaga Tazakka DIII Perbankan Syariah IAIN Salatiga). INFERENSI, 10(2), 473. https://doi.org/10.18326/infsl3.v10i2.473-494

Dudung, A. (2018). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02

E. Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Kurniawan, K., Awalya, A., Nusantoro, E., Saraswati, S., Utami, D. W., & Kencana, T. I. (2019). Peningkatan Pelayanan BK di SD Melalui Teknik Empty Chair Bagi Guru SD KKG Gugus Pandanaran UPTD Pendidikan Kecamatan Semarang Tengah. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.24176/mjlm.v1i1.3106

Murniati, M. (2018). Manajemen Stratejik: Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan. Citapustaka Media Perintis.

Prasetiawati, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro’ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 131. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2389

Putri, P. W., & Sirojudin, D. (2022). Peranan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan di MAN 3 Jombang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1903. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1357

Safinatun Najah, Y. M. S. (2021). SUPERVISI PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PAUD. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10423

Zubaidi, A. (2020). Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lembaga Formal dan Non-Formal di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 1(2), 143–156. https://doi.org/10.33650/guyub.v1i2.1511


Article View

Abstract views : 108 times | PDF files viewed : 55 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i3.4730


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Hasyim Asy’ari, Ainur Rofiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License