Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Karakter Siswa di SMAN 2 Tanggul

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i1.5577

Authors (s)


(1) * Budi Muttaqin   (SMA Negeri 2 Tanggul Jember)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi covid-19 memberikan dampak khusus pada sektor pendidikan. Pembelajaran daring dinilai kurang optimal dalam pelaksanaanya karena sulitnya guru untuk mengukur kualitas dan karakter peserta didik sehingga pemerintah menciptakan kurikulum merdeka dengan desain projek penguatan profil pelajar pancasila wadah untuk menutupi ketertinggalan pembelajaran. Tujuan penelitian ini ingin mengidentifikasi pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMAN 2 Tanggul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator projek, fasilitator, dan siswa kelas X. Kemudian data sekunder diperoleh dari arsip dan dokumen selama pelaksanaan P5. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SMAN 2 Tanggul dilaksanakan dengan melalui empat tahapan, yaitu pengenalan, kontekstual, aksi dan share. Dari tahapan tersebut telah ditemukan bahwa tema-tema yang diangkat seperti kewirausahaan, gaya hidup berkelanjutan, dan bhineka tunggal ika telah memberikan output berupa produk-produk ungulan seperti makanan dan minuman kekinian, pupuk organik, sabun dari limbah, masker, miniatur kebudayaan, buku pop-up, dan majalah dinding 3D. Kegiatan P5 yang telah dilaksakanan juga telah membentuk dan mengembangkan karakter berakhlak, berkebhinekaan global, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif pada siswa.


Keywords

Kurikulum Merdeka; Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Karakter Siswa



Full Text: PDF



References


Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa. SINDANG-Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Indonesia melalui Kementerian Pendidikan , Kebudayaan , Riset dan Teknologi memiliki Visi karakteristik kurikulum Merdeka yaitu adanya projek penguatan profi l Pancasila . Kurikulum Merdeka peserta didik pada satuan pendidikan .( Sari et al ., 2022 ). dal. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72.

Baharullah, Satriani, S., Arriah, F., & Hidayah, A. (2022). Implementation of the Merdeka Belajar Curriculum Through the Application of Project-Based Learning Models to Improve Student Learning Outcomes in Mathematics Learning. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(2), 334–347. https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a6

Clifton, G. (2012). Supporting the development of critical thinking: Lessons for widening participation. Widening Participation and Lifelong Learning, 14(2), 29–39.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3).

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 41(40).

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kearney. (2020). Dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3).

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 41(1), 266–280.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578

Sari, Z. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Suryadien, D., Rusmiati, D., & Dewi, A. A. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal PGMIUniversitas Garut, 01(01), 27–34. www.journal.uniga.ac.id

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.

World Economic Forum. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020- 2035. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.


Article View

Abstract views : 766 times | PDF files viewed : 555 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i1.5577


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Budi Muttaqin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License