Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Formulir pada Materi Elektrostatika

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i1.5751

Authors (s)


(1) * Muslikah Muslikah   (SMA Negeri 2 Tanggul, Jember)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penulisan best practice ini adalah : (1) mengetahui cara menerapkan media evaluasi pembelajaran berbasis google formulir, (2) mengetahui respon peserta didik pada penggunaan aplikasi Google Formulir sebagai media evaluasi oleh guru dalam pembelajaran fisika  di  kelas XII IPA pada materi elektrostatika   kelas XII IPA SMAN 2Tanggul Best practice  ini dilaksanakan dengan 3 tahapan (1) tahap perencanaa; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap penutup. Validasi kelayakan media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Google Formulir  dilaksanakan oleh  dari tim ahli materi dan tim ahli perangkat pembelajaran , angket respon pengguna (peserta didik ), dokumentasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda ( multiple choice) berbasis google formulir..  Dari data pengunaan media evaluasi pembelajaran berbasis google formulir pada pembelajaran fisika  kelas XII IPA, diperoleh  hasil dengan tingkat kevalidan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh 2,60 (rentang penilaian :1,00 - 3,00 ), termasuk kategori valid, penilaian ahli media diperoleh nilai sebesar 2,44 (rentang penilaian :1,00 - 3,00 ) termasuk kategori valid, respon peserta didik yang menggunakan  media evaluasi Google Formulir  sebesar 4,4 (rentang nilai 1,0 – 5,0 ). Berdasarkan data diatas menunjukkan bahwa Google Formulir layak digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran.


Keywords

Google formulir, media evaluasi



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 224 times | PDF files viewed : 123 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i1.5751


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muslikah Muslikah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License